RESPONS PRODUKSI AGROINDUSTRI SE’I BABI TERHADAP PERMINTAAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA USAHA AGROINDUSTRI SE’I BABI BAUN)

  • Diana Meliani Sabat(1*)
    universitas Nusa Cendana
  • Maria Krova(2)
    universitas Nusa Cendana
  • Solvi M Makandolu(3)
    universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: se’i babi, permintaan, respons produksi, faktor pengaruh

Abstract

A case study focused on the agroindustry of Baun smoked pork in the District of Amarasi Barat Regency of Kupang has been conducted from September to October 2016. The aims of the study were: (1) to assess consumer perceptions about the peculiarities of Baun smoked pork; (2) to identify the efforts made by the producer in maintaining the customers; (3) to analyze factors that influence consumer demand, and (4) to analyze the extent of the production response to the demand of smoked pork. Ninety consumer respondents were included in this study following a simple random sampling procedure during 30 days of interviewed (3 respondents/day). The data obtained were descriptively analyzed for both qualitative and quantitative. Cobb-Douglas function was used to analyse the correlation and regression for quantitative data. The results showed that Baun smoked pork had a distinctive taste, with simple way of serving and on time. It also had available lesehan dining facilities. Factors that have a significant effect on the demand of smoked pork were the income and the number of family member. Furthermore, the production of smoked pork is influenced by consumer’s demand and day of production. The smoked pork production did not corresponding with the consumer demand, where the total demand of 2,624 kg per month. Therefore, producers should have the right strategy to maintain their potential consumers through the efforts of increasing the number of pig slaughtered especially at the week end.

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui persepsi konsumen tentang kekhasan produk se’i babi Baun; (2) mengidentifikasi upaya produsen dalam mempertahankan  pelanggan; (3) menganalisis faktor  yang mempengaruhi permintaan konsumen; (4) menganalisis sejauh mana respons produksi terhadap permintaan se’i babi. Pengambilan contoh  konsumen sebanyak 90 orang dilakukan secara acak sederhana dengan teknik pengambilan tiga orang per hari selama 30 hari. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif berupa analisis korelasi dan regresi dengan pendekatan fungsi Cobb-Douglas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa se’i babi Baun memiliki rasa yang khas, cara penyajiannya sederhana dan tepat waktu serta tersedia fasilitas makan lesehan. Faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap jumlah permintaan se’i babi Baun yaitu pendapatan dan jumlah anggota keluarga. Selanjutnya, produksi se’i babi Baun dipengaruhi oleh permintaan konsumen dan hari produksi. Produksi belum merespon permintaan konsumen dimana jumlah permintaan sebanyak 2.624 kg per bulan belum dapat dipenuhi oleh produsen se’i babi. Oleh karena itu, produsen harus memiliki strategi yang tepat untuk mempertahankan konsumen potensialnya melalui upaya meningkatkan jumlah ternak babi yang dipotong khususnya pada akhir minggu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilita N. 2013. Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran sepeda motor pada PT Samekarindo Indah di Samarinda. eJurnal administrasi Bisnis 1 (1) : 56-70.
Hartono H, Hutomo K, Mayangsari M. 2012. Pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan pada perusahaan dengan menetapkan alumni dan mahasiswa Universitas Bina Nusantara sebagai objek penelitian. Jurnal BINUS BUSINESS REVIEW 3 (2) 1-16 : 882-897
Hidayat S. 2003. Analisis permintaan konsumen keluarga terhadap telur ayam ras di Kecamatan Kota Raja Utara. Skripsi. Fakultas Pertanian-IPB, Bogor
Ferdinandus S, Louhenapessy DJ. 2014. Analisis determinan permintaan sagu (Metroxylon Sp) sebagai pangan lokal di Kota Ambon. Jurnal 3 (2) 1-7 : ISSN 1978-3612
Mnane M. 2014. Analisis permintaan daging babi di Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. Skripsi. Program Studi Peternakan. Fakultas Peternakan Universitas Nusa Cendana. Kupang.
Mahardini. 2012. Analisis pengaruh harga , pendapatan, lokasi dan fasilitas terhadap permintaan rumah sederhana. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNDIP Semarang.
Manggaribet MB, Kawet L, Moniharapon S. 2015. Pengaruh persepsi dan nilai konsumen terhadap keputusan pembelian mobil di Kota Manado. Jurnal EMBA 3 (2) 1-11 : 558-568
Marcus GL, Wattimanela HJ dan Lesnusa YA. 2012. Analisis regresi komponen utama untuk mengatasi masalah multikolnieritas dalam analisis regresi linear berganda. Jurnal Barekeng. 6 (1) 31-40
Rochaeni S, Lokollo EM. 2005. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan ekonomi rumah tangga petani di kelurahan Satugede Kota Bogor. Jurnal Agro Ekonomi. 23 (2)2-27 : 133-158
Sarwoko E, Churiyah M. 2007. Pengaruh sikap konsumen terhadap pemebekian minuman merek aqua berkaitan dengan penerapan program CSR (Corporate Social Responsibility) Jurnal Ekonomi Modernisasi.3 (2) 1-18 :149-163
Solihin U. 2014. Analisis strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan usaha pada perusahaan kain dan sarung tenun ikat cap sinar barokah Kediri. Jurnal cendekia. 12 (3)1-6 : 1693-6094.
Soekartawi. 1990. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. Rajawali Pers. Jakarta, Hal 71-73.

PlumX Metrics

Published
2018-06-30
How to Cite
Sabat, D., Krova, M., & Makandolu, S. (2018). RESPONS PRODUKSI AGROINDUSTRI SE’I BABI TERHADAP PERMINTAAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA USAHA AGROINDUSTRI SE’I BABI BAUN). JURNAL NUKLEUS PETERNAKAN, 5(1), 7-16. https://doi.org/10.35508/nukleus.v5i1.830
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.