IKONITAS NASIONALISME DALAM FILM RUMAH MERAH PUTIH KARYA ARI SIHASALE (SEBUAH KAJIAN SEMIOTIKA CHARLES S. PEIRCE)

  • Maria Naomilan Yahelga Gabir(1*)
    Alumni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Marselus Robot(2)
    Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Karolus B. Jama(3)
    Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Ikonitas, film, konflik, semiotika

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimanakah Ikonitas Nasionalisme yang terkandung dalam film “Rumah Merah Putih” karya Ari Sihasale. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teori semiotika Charles Sander Peirce.  Aspek yang dianalisis mengerucut pada klasifikasi tanda berdasarkan objek yang terdiri dari ikon, indeks, dan simbol tetapi berfokus hanya pada satu tanda saja yaitu ikon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik coding card. Teknik analisis data dilakukan dengan cara triangulasi, pengelompokan berdasarkan aspek yang dianalisis, dan melakukan interpretasi terhadap data hasil penelitian. Berdasarkan analisis terhadap data diperoleh hasil penelitian menunjukan terdapat tanda-tanda nasionalisme dalam Film Rumah Merah Putih yaitu Bendera Merah Putih, seragam merah putih, cat marah putih, semangat pantang menyerah, perlombaan panjat pinang untuk kembali mendapatkan cat merah putih.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-04-18

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.