PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP DALAM MENGIDENTIFIKASI SUASANA, TEMA, DAN MAKNA PUISI YANG TERKANDUNG DALAM ANTALOGI PUISI YANG DIBACA ATAU DIPERDENGARKAN PADA SISWA KELAS X MIA1 SMAN

  • Yuliana Sofia Ensi(1*)
    Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, SMAN 2 Kefamenanu
  • (*) Corresponding Author

Abstrak

Banyak model pembelajaran diterapkan disekolah-sekolah untuk mengatasi kejenuhan dan meningkatkan kualitas diri siswa. Model pembelajaran Kurikulum 2013 (K 13) yang memiliki nama,ciri,sintak,pengaturan,dan budaya adalah discovery learning, project-based learning, problem-based learning, dan inquiry learning. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan penguasaan konsep dalam mengidentifikasi suasana, tema dan magna puisi yang terkandung dalam antalogi puisi yang diperdengarkan atau dibaca. Problem based learning (PBL) memiliki ciri-ciri seperti pembelajaran dimulai dengan pemberian masalah, masalah memiliki konteks dengan dunia nyata, siswa secara berkelompok aktif merumuskan masalah dan mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan mereka, mempelajari dan mencari sendiri materi yang terkait dengan masalah dan melaporkan solusi dari masalah, sementara pendidik lebih banyak memfasilitasi. Problem based learning terdiri atas lima fase, yaitu mengorientasikan peserta didik pada masalah, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, membantu penyelidikan mandiri dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan artifak (hasil karya) dan memamerkannya, dan analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

PlumX Metrics

Diterbitkan
2023-04-18

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##