POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS ANGGOTA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KOMUNITAS NUSA TENGGARA TIMUR TIGER CLUB )

  • Achmad Syahrul Zaini
Keywords: Pola Komunikasi, Komunitas, Solidaritas, NT3C

Abstract

Judul ini diangkat sesuai dengan latar belakang pemikiran bahwa pada dasarnya manusia merupakan mahluk sosial, manusia pada hakikatnya memiliki kecenderungan untuk hidup berkelompok, antara lain didasari oleh hobi ataupun suatu kegiatan untuk memenuhi tujuan kebutuhan tersebut dengan berkomunikasi. Dengan demikian yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana pola komunikasi komunitas Nusa Tenggara Timur Tiger Club (NT3C) dalam mempertahankan solidaritas anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang terjadi dan berkembang pada komunitas Nusa Tenggara Timur Tiger Club, jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif, sumber data menggunakan informan atau Narasumber sebanyak 10 orang terdiri dari ketua umum, devisi humas, devisi keanggotaan, devisi touring dan anggota komunitas NT3C yang dilakukan pada kurun waktu 1 bulan selama bulan oktober 2016, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan pada hasil peneitian diketahui bahwa rasa solidaritas anggota NT3C terbentuk karna adanya komunikasi yang intens dan pemahaman tentang pola komunikasi yang baik, hal ini menunjukan rasa kekeluargaan dalam anggota komunitas NT3C sudah pada tingkatan yang mendalam. Pola komunikasi yang digunakan NT3C adalah pola komunikasi model bintang, dimana semua anggota mempunyai kedudukan yang sama dalam akiifitas komunikasi didalam komunitas.
Kata kunci : Pola Komunikasi, Komunitas, Solidaritas, NT3C.

Published
2018-01-08
How to Cite
Zaini, A. S. (2018). POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS ANGGOTA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KOMUNITAS NUSA TENGGARA TIMUR TIGER CLUB ). Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 7(1), 1164. https://doi.org/10.35508/jikom.v7i1.2020
Section
Articles