Analisis Pembentukan Citra PT PLN (Persero) Wilayah NTT melalui Implementasi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)

Coorporate Image Analysis on The Implementation of Community Development and Partnership Programs by PLN NTT

  • Puspasari Kapitan
  • Mas’amah Mas’amah
  • Silvania S. E. Mandaru
Keywords: Pembentukan Citra, PKBL

Abstract

Sebuah perusahaan akan dapat bertahan jika memiliki citra perusahaan yang baik di publik. Praktisi Hubungan Masyarakat (Humas) di setiap perusahaan penting untuk memiliki strategi yang tepat. Untuk menjaga keberlanjutan coororate, diperlukan hubungan antara perusahaan dengan komunitas sebagai publik eksternal melalui hubungan masyarakat. PT. PLN (Persero) Wilayah NTT sebagai perusahaan negara yang bertugas menyediakan pasokan listrik ke seluruh wilayah di NTT, menjalankan hubungan masyarakat dengan masyarakat di daerah NTT dengan mengimplementasikan program kemitraan dan bina lingkungan. Fokus penelitian ini adalah implementasi salah satu program tanggung jawab sosial yaitu Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebagai upaya membentuk citra perusahaan PT PLN (Persero) Wilayah NTT. Metode penelitian ini adalah studi kasus instrumen tunggal dengan pendekatan kualitatif. Informan dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dengan kriteria lama masa kerja dan memiliki kredibilitas dalam memberikan informasi. Menggunakan tinjauan pustaka yakni konsep proses pembentukan citra Altman (exposure, attention, and comprehensive) dan teori opinion, attitude, and belief Zaller dengan lama penelitian satu bulan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa PT PLN (Persero) Wilayah NTT mampu membentuk citra positif di mata masyarakat melalui implementasi PKBL. PLN NTT membangun citra perusahaan dengan memilih kelompok masyarakat yang mempunyai peranan penting terhadap usaha (profit making).

Published
2020-02-25
How to Cite
Kapitan, P., Mas’amah, M., & Mandaru, S. S. E. (2020). Analisis Pembentukan Citra PT PLN (Persero) Wilayah NTT melalui Implementasi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 8(1), 1252-1259. https://doi.org/10.35508/jikom.v8i1.2047
Section
Articles