Fitur Aplikasi Gojek Favorit Konsumen Pada Saat Pandemi COVID-19 Di Kota Bandung
Abstract
Pada Maret lalu Indonesia digemparkan dengan adanya virus COVID-19. Kewajiban physical distancing membuat Gojek merubah kebijakan pada penggunaan aplikasinya, yaitu dengan penyajian fitur yang berbeda pada aplikasi Gojek saat pandemi COVID-19. Kebijakan untuk menghapus sementara layanan Go-Ride atau mengantarkan penumpang ke suatu tempat hingga fitur pesan otomatis pada layanan Go-Food untuk menyimpan makanan yang diantar pada pagar dan melakukan pembayaran cashless atau gopay demi memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Tujuan dari penilitian ini yaitu untuk mengetahui fitur atau layanan mana yang menjadi favorit konsumen di kota Bandung pada saat pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Pada hasil penelitian dari wawancara online kebeberapa narasumber pada penggunaan layanan atau fitur yang menjadi favorit konsumen di kota Bandung yaitu layanan Go-Food sebagai layanan pesan antar makanan dan layanan kedua yaitu layanan Go-Send sebagai layanan pengiriman barang berskala kecil. Fitur-fitur tersebut dipilih konsumen Gojek saat pandemi Covid-19 karena kemudahan yang mereka perlukan saat melakukan social distancing.