Identitas Gender Anak dalam Bingkai Komunikasi Orang Tua di Kota Kupang
Abstract
Dunia yang terus berkembang membawa perubahan dalam banyak hal termasuk perubahan dalam pola didik orang tua ketika membentuk identitas gender anak mereka. Para orang tua tentu memiliki pola tersendiri yang diyakini bisa membantu perkembangan identitas gender anak secara tepat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pola komunikasi orang tua di Kota Kupang dalam membentuk identitas gender anaknya. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi terhadap para orang tua di Kota Kupang. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap orang tua menerapkan pola didikan gender yang berbeda dalam keluarganya masing - masing. Ada tiga pola yang terungkap dalam penelitian ini yakni pola otoriter, pola permisif dan pola demokratis. Dari ketiga pola ini, pola demokratis yang paling dominan diterapkan oleh para orang tua yang menjadi informan penelitian ini. Selain pola- pola tersebut, penelitian ini juga menemukan bahwa prinsip mendidik yakni keteladanan, membimbing, mengatur dan mengajarkan juga dipraktekkan saat orang tua membangun identitas anak dalam keluarga. Pola demokratis sendiri merupakan kolaborasi dari prinsip keteladanan, membimbing dan mengatur saat mendidik anak.