Instragram sebagai Media Edukasi Vaksin Covid-19 di Indonesia
Abstract
Pandemi Covid -19 yang melanda Indonesia sepanjang tahun 2020 dan masih terus mewabah diawal tahun 2021 menyebabkan konsidi sosial ekonomi negara terganggu dan menimbulkan beragam presepsi terhadap setiap upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi pandemi ini, termasuk pelaksanaan vakinasi Covid-19 . Ditengah kesimpangsiuran berita terkait vaksinasi Covid-19 masyarakat membutuhkan sumber edukasi yang bisa diakses dalam kondisi Pandemi yang membatasi mobilitas. Akun Instagram @indonesiavoice_ menjadi salah satu pilihan yang menyediakan informasi edukatif terkait vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Tujuan Penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Instagram menjadi media edukasi vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi kualitatif dengan pendekatan induktif dimana dilakukan prosedur pemadatan data dari teks yang kompleks dan proses membangun makna dari data melalui tema atau kategori yang muncul dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa preferensi pengguna atau pengikut akun cenderung mengarah kepada postingan yang menggunakan gambar diri, infografis dan aktifitas tentang proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia.