Penggunaan Media Promosi Kesehatan Berbahasa Daerah untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Provinsi NTT
Abstract
Penelitian ini dianggap penting untuk diteliti karena mengingat kebaruan virus ini belum banyaknya penelitian sejenis mengenai penggunaan media promosi kesehatan dalam penanggulangan COVID-19.Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah, yang pertama untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis dan bentuk flyer dan video berbahasa daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang digunakan sebagai Media Promosi Kesehatan untuk mengurangi penyebaran coronavirus disease (COVID-19), yang kedua, untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode distribusi media promosi kesehatan yang digunakan dalam hal ini flyer dan video yang berbahasa daerah NTT untuk mengurangi penyebaran coronavirus disease (COVID-19). Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dimana metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengkajian data sekunder, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Metode untuk pemilihan narasumber adalah purposive sampling. Narasumber yang dipilih ada narasumber yang berkompeten di bidangnya dan sesuai dengan karakteristik tertentu yang sesuai dengan fokus penelitian, dimana terdapat tiga (3) orang informan dari pihak pembuat iklan promosi kesehatan. satu (1) informan ahli bahasa dan tiga (3) informan yang sudah mendengarkan promosi kesehatan berbahasa daerah. Teknik analisis data Miles dan Hurberman digunakan dimana reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi dilaksanakan. Adapun hasil dari penelitian adalah jenis flyer yang digunakan adalah e-flyer dan video dengan isi konten yang edukatif, informatif dan menakuti- nakuti yang sesuai dengan target audiens dan karakter masyarakat NTT yang terkenal keras. Metode distibusi media promosi kesehatan tersebut dengan menggunakan media sosial seperti WhatsApp Group, Instragram, Youtube, electronic Word of Mouth dan media konvensional seperti Radio dan Mobil Penerangan.