Kajian Etnometodologi Struktur Sosial Mahasiswa dalam Komunikasi Ruang Kelas

  • Ferly Tanggu Hana Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Emanuel Sowe Leuape Universitas Nusa Cendana Kupang
Keywords: Komunikasi Pendidikan, Ruang Kelas, Struktur Sosial, Etnometodologi

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna memberikan gambaran tentang komunikasi pendidikan dari segi struktur sosial kelas yang berlangsung selama proses perkuliahan diruang kelas dari sudut pandang mahasiswa. Berdasarkan beberapa kajian awal yang dilakukan, diketahui bahwa dalam ruang kelas yang dibatasi aturan sekalipun, terdapat perilaku unik yang menjadi rutinitas pelaku pembelajaran, yang berbeda dengan aturan kelas tersebut. Praktik ini tumbuh dan eksis dalam ruang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis struktur sosial dalam komunikasi pembelajaran menurut pandangan mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode etnometodologi terhadap perkuliahan pada Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Nusa Cendana Kupang. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa sebagai peserta didik yang merupakan partisipan aktif dalam proses komunikasi pendidikan dalam ruang kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam ruang kelas ada struktur sosial sendiri yang menjadi acuan mahasiswa dalam menjalankan peran dan interaksi sosial selama perkuliahan. Pembentukan struktur tersebut awalnya dilakukan berdasarkan regulasi kampus untuk keperluan efektifitas pembelajaran atau disebut sebagai struktur sosial formal. Namun dalam perkembangannya, terbentuk struktur informal melalui interaksi dan konsensus sosial dalam kelas. Dalam praktiknya, struktur informal ini justru lebih mempengaruhi perilaku anggota kelas dibandingkan struktur formal dari kampus.

Author Biographies

Ferly Tanggu Hana, Universitas Nusa Cendana Kupang

Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP

Emanuel Sowe Leuape, Universitas Nusa Cendana Kupang

Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP

Published
2022-07-12
How to Cite
Hana, F., & Leuape, E. (2022). Kajian Etnometodologi Struktur Sosial Mahasiswa dalam Komunikasi Ruang Kelas. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(2), 266-278. https://doi.org/10.35508/jikom.v11i2.6293
Section
Articles