Pesan Kesehatan Terkait Covid-19 dalam Film “Air untuk Marta”

(Analisis Semiotika Charles Pierce Pada Film Pendek : Air untuk Marta Karya Rey Padji)

  • Silvania S.E. Mandaru Universitas Nusa Cendana
  • Juan Ardiles Nafie Universitas Nusa Cendana
  • Henny L.L. Lada Universitas Nusa Cendana
Keywords: Covid-19, Film Pendek, Media Promosi Kesehatan

Abstract

Film Pendek “Air untuk Marta” dipenuhi pesan kesehatan yang sarat makna. Penelitian ini melihat secara mendalam dan detail apa saja pesan kesehatan terkait Covid-19 yang ditampilkan dalam Film Air untuk Marta dan bagaimana pesan kesehatan terkait Covid-19 ditampilkan dalam Film  “Air untuk Marta”. Penelitian ini dianggap penting untuk diteliti karena diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam upaya penanggulangan Covid-19, dengan melihat bagaimana pesan- pesan Kesehatan disampaikan melalui film pendek terkait Covid-19. Penelitian ini menggunakan analisis semotika Charles Pierce dan metode pengumpulan data yang akan digunakan adalah observasi dan studi dokumen. Kajian Teoritik yang digunakan untuk menganalisis adalah Semiotika Charles Pierce dan beberapa kajian konseptual yang digunakan untuk menganalisis permasalahan yang adalah konsep film sebagai media promosi kesehatan, Semiotika dalam Film dan konsep lainnya yang dianggap relevan. Adapun hasil temuan dalam penelitian ini didapati beberapa pesan Kesehatan dalam film pendek “Air untuk Marta”, yakni (1) Pentingnya mencuci tangan, (2) Pentingnya menjaga kebersihan diri, dan juga (3) Pentingnya memakai masker dan menjaga jarak selama masa Pandemi Covid-19.

 

Author Biographies

Silvania S.E. Mandaru, Universitas Nusa Cendana

Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP

Juan Ardiles Nafie, Universitas Nusa Cendana

Program Studi Ilmu Komunikasi

Henny L.L. Lada, Universitas Nusa Cendana

Program Studi Ilmu Komunikasi

Published
2022-07-12
How to Cite
Mandaru, S., Nafie, J., & Lada, H. (2022). Pesan Kesehatan Terkait Covid-19 dalam Film “Air untuk Marta”. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(2), 169-192. https://doi.org/10.35508/jikom.v11i2.6599
Section
Articles