Hubungan Antara Program Mentorkuy Dengan Sikap Peserta Terhadap Personal Development
Abstract
Program Mentorkuy merupakan program insentif selama 3 bulan oleh produktifkuy untuk mengasah skill, mengembangkan potensi diri dan pola pikir. Hanya saja, pengenalan skill yang dimiliki oleh para mentor tidak maksimal. Para mentor juga tidak membagikan pengalaman dan pencapaian mereka lebih mendalam. Adapun pesan yang diberikan tidak memiliki standar tertentu untuk setiap mentor sehingga pesan yang diterima setiap kelompok berbeda. Penelitian ini menggunakan instrumen dari teori persuasif dari Hovland, Janis dan Kelly untuk mengetahui hubungan antara Program Mentorkuy dengan sikap peserta terhadap personal development. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional melalui uji hipotesis Rank Spearman. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 orang yang diperoleh melalui teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara Program Mentorkuy dengan Sikap Peserta terhadap Personal Development. Simpulan penelitian ini adalah komunikator dan pesan dalam Program Mentorkuy berakibat pada perubahan opini, persepsi, afeksi dan perilaku peserta terhadap personal development.