Manajemen Komunikasi Ormas Lindu Aji Melalui Media Sosial Dalam Membangun Public Trust
Abstract
Penelitian ini melihat bagaimana organisasi masyarakat (ormas) menggunakan media sosial untuk membangun kepercayaan publik pada mereka. Hal ini dibutuhkan mengingat tujuan berdirinya suatu ormas adalah untuk mendukung kepentingan masyarakat, sehingga perlunya dukungan satu sama lain agar tujuan bersama dapat dicapai. Metode yang dipilih adalah studi kasus single case, di mana peneliti ingin melihat proses pengelolaan komunikasi oleh ormas kepada publik. Teori yang digunakan adalah Teori Computer-Mediated Communication karena dapat menjadi landasan dalam penelitian karena berhubungan dengan komunikasi organisasi melalui media komputer (teknologi digital). Hasil yang diperoleh adalah terdapat tahapan-tahapan yang dilakukan oleh ormas Lindu Aji dalam membangun kepercayaan publik, yakni melalui tahapan perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi guna mengukur keberhasilan yang telah dicapai. Ditemukan bahwa Lindu Aji lebih banyak menggunakan komunikasi secara langsung kepada masyarakat dibandingkan melalui media sosial untuk membangun public trust. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah peneliti dapat menggunakan metode multi case, di mana peneliti dapat membandingkan keefektifan manajemen komunikasi organisasi masyarakat dalam berinteraksi dengan masyarakat.