Strategi IMC Sekolah Alam Tondo Lino Untuk Membangun Brand Awareness

  • Milke Milke Prodi Hubungan Masyarakat, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Zon Vanel Prodi Hubungan Masyarakat, Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Integrated Marketing Communication, Sekolah Alam Tondo Lino, Brand Awareness

Abstract

Sekolah Alam merupakan salah satu lembaga pendidikan alternatif di Indonesia. Dalam pendidikan, Sekolah Alam merupakan salah satu konsep baru yang mengedepankan alam sebagai sumber inspirasi bagi peserta didik. Berkaitan dengan kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai konsep Sekolah Alam, maka diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk memperkenalkan dan memberikan informasi mengenai lembaga pendidikan Sekolah Alam Tondo Lino. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Strategi Integrated Marketing Communication Sekolah Alam Tondo Lino Untuk Membangun Brand Awareness. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik Mixed Methods untuk menguatkan data di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi Word of Wouth Marketing merupakan metode yang paling berdampak pada peningkatan brand awareness. Hal ini karena masyarakat dapat mengetahui dengan baik tentang produk yang ditawarkan, didukung dengan eratnnya hubungan silaturahmi masyarakat Desa/Ngata Toro sehingga memudahkan penyebaran informasi terkait konsep Sekolah Alam Tondo Lino kepada masyarakat atau khalayak sasaran. Dalam implementasinya, kendala utama pada proses pemasaran adalah sumber daya manusia dan ketersediaan jaringan internet tidak memadai, maka perlu membuat dasar pemasaran yang terarah guna mencapai tujuan pemasaran

Published
2024-01-22
How to Cite
Milke, M., & Vanel, Z. (2024). Strategi IMC Sekolah Alam Tondo Lino Untuk Membangun Brand Awareness. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 13(1), 44-65. https://doi.org/10.35508/jikom.v13i1.8315
Section
Articles