Branding Produk Seblak Melalui Market Place Dan Instagram

  • Yolanda Maulydia Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Dasrun Hidayat Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Purwadhi Purwadhi Magister Manajemen Pascasarjana, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Branding, Kepercayaan Konsumen, Market Place, Media Sosial Instagram

Abstract

Bisnis kuliner saat ini sangat berkembang dengan baik dan di ikuti oleh teknologi yang semakin canggih sehingga begitu banyak inovasi – inovasi kuliner yang dibuat secara unik. Teknologi dapat membantu memperkenalkan produk kuliner keberbagai daerah tentunya dengan memanfaatkan teknolgi yaitu internet melalui aplikasi berbasis online seperti Market Place dan media sosial Instagram, untuk membranding produk secara online terbilang sangat praktis tetapi tidak menutupi kemungkinan masalah yang muncul yaitu adanya sebagian orang kurang percaya membeli produk makanan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh branding, market place, instagram terhadap kepercayaan konsumen. Hasil penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu penyebaran kuesioner secara online yang dibagikan kepada 100 responden Lengkong Bandung. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh dari branding produk seblak melalui market place dan media sosial instagram terhadap kepercayaan konsumen hal ini terbukti adanya hasil pengujian hipotesis dimana uji f diperoleh hasil fhitung>ftabel (90.261>2.697) dan dengan signifikan (pvalue) 0.000<0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, adapun besaran kontribusi yaitu 73.8%.

Published
2023-01-15
How to Cite
Maulydia, Y., Hidayat, D., & Purwadhi, P. (2023). Branding Produk Seblak Melalui Market Place Dan Instagram. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 12(1), 13-25. https://doi.org/10.35508/jikom.v12i1.8745
Section
Articles