Branding Produk Seblak Melalui Market Place Dan Instagram
Abstract
Bisnis kuliner saat ini sangat berkembang dengan baik dan di ikuti oleh teknologi yang semakin canggih sehingga begitu banyak inovasi – inovasi kuliner yang dibuat secara unik. Teknologi dapat membantu memperkenalkan produk kuliner keberbagai daerah tentunya dengan memanfaatkan teknolgi yaitu internet melalui aplikasi berbasis online seperti Market Place dan media sosial Instagram, untuk membranding produk secara online terbilang sangat praktis tetapi tidak menutupi kemungkinan masalah yang muncul yaitu adanya sebagian orang kurang percaya membeli produk makanan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh branding, market place, instagram terhadap kepercayaan konsumen. Hasil penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu penyebaran kuesioner secara online yang dibagikan kepada 100 responden Lengkong Bandung. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh dari branding produk seblak melalui market place dan media sosial instagram terhadap kepercayaan konsumen hal ini terbukti adanya hasil pengujian hipotesis dimana uji f diperoleh hasil fhitung>ftabel (90.261>2.697) dan dengan signifikan (pvalue) 0.000<0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, adapun besaran kontribusi yaitu 73.8%.