Strategi Digital Public Relations Pemerintah Kota Kupang Melalui Media Sosial

  • Veki Edizon Tuhana Progam Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Lukas Lebi Daga Progam Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Muhammad Aslam Progam Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Henny L.L Lada Progam Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Joan Edo Progam Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
Keywords: Digital Public Relations, Computer Mediated Communication, Instagram, Pemerintah Kota Kupang

Abstract

Masa pandemi covid-19 awal tahun 2019 mengukuhkan penggunaan internet secara masif. Menarik dicermati beragam media sosial digunakan instansi pemerintah untuk berbagi informasi publik. Peran Public Relations (PR) di instansi pemerintah penting dalam berbagi informasi publik. Strategi digital media yang digunakan belum banyak dikaji dan cenderung menjadi trend baru dalam digital PR. Penelitian ini mencoba mengisi kekosongan yang belum banyak dilakukan terkait dengan strategi digital PR di intansi pemerintah. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi digital public relations pemerintah kota kupang melalui akun instagram @prokompimkotakupang. Penelitian ini menggunakan teori CMC (Computer Mediated Communication). Teori CMS adalah proses komunikasi melalui komputer (yang dimediasi), melibatkan orang-orang, saling terhubung dengan internet (jaringan komunikasi) dalam konteks tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis media siber (AMS). AMS merupakan perspektif yang dikembangkan melalui kajian media dan budaya yang pada prinsipnya membahas tentang bentuk-bentuk medium media, praktek yang dilakukan dengan perangkat teknologi komunikasi dan informasi. AMS ini digunakan untuk menganalisis akun Instagram @prokompimkotakupang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan postingan menggunakan gaya bahasa resmi dan formal, sebagian besar postingan merujuk pada kegiatan wali kota dan wakil wali kota kupang. Objek media dan pengalaman menunjukkan ketelibatan masyarakat masih kurang dan hanya sebatas memberikan simbol suka.

Published
2023-07-17
How to Cite
Tuhana, V., Daga, L., Aslam, M., Lada, H., & Edo, J. (2023). Strategi Digital Public Relations Pemerintah Kota Kupang Melalui Media Sosial. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 12(2), 297-315. https://doi.org/10.35508/jikom.v12i2.9173
Section
Articles