Komunikasi Kepemimpinan Store Manager di PT Home Center Indonesia

  • Stefanus Tulus Hasudungan Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jl Raya Bandung Sumedang KM21, Jatinangor, Indonesia.
  • Evi Novianti Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jl Raya Bandung Sumedang KM21, Jatinangor, Indonesia.
  • Agus Rahmat Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jl Raya Bandung Sumedang KM21, Jatinangor, Indonesia.
Keywords: Komunikasi Kepemimpinan, Fenomenologi, Store Manager

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna komunikasi kepemimpinan bagi Store Manager PT Home Center Indonesia, mengetahui bagaimana aktivitas komunikasi kepemimpinan dijalankan oleh Store Manager, dan menjelaskan makna profesi bagi Store Manager. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada lima orang Store Manager PT Home Center Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Store Manager PT HCI memaknai komunikasi kepemimpinan sebagai kunci mencapai tujuan kepemimpinan dan nyawa kepemimpinan. Aktivitas komunikasi kepemimpinan dijalankan secara formal melalui briefing, meeting, coffee morning, dan coaching. Komunikasi kepemimpinan secara informal dilakukan dengan cara management by walking around. Store Manager juga memaknai profesinya sebagai pemilik toko, bukan hanya sebagai pemimpin cabang atau penjaga store.

Published
2023-07-17
How to Cite
Hasudungan, S., Novianti, E., & Rahmat, A. (2023). Komunikasi Kepemimpinan Store Manager di PT Home Center Indonesia. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 12(2), 252-266. https://doi.org/10.35508/jikom.v12i2.9193
Section
Articles