Komunikasi Kepemimpinan Store Manager di PT Home Center Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna komunikasi kepemimpinan bagi Store Manager PT Home Center Indonesia, mengetahui bagaimana aktivitas komunikasi kepemimpinan dijalankan oleh Store Manager, dan menjelaskan makna profesi bagi Store Manager. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada lima orang Store Manager PT Home Center Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Store Manager PT HCI memaknai komunikasi kepemimpinan sebagai kunci mencapai tujuan kepemimpinan dan nyawa kepemimpinan. Aktivitas komunikasi kepemimpinan dijalankan secara formal melalui briefing, meeting, coffee morning, dan coaching. Komunikasi kepemimpinan secara informal dilakukan dengan cara management by walking around. Store Manager juga memaknai profesinya sebagai pemilik toko, bukan hanya sebagai pemimpin cabang atau penjaga store.
Copyright (c) 2023 Stefanus Tulus Hasudungan, Evi Novianti, Agus Rahmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.