Analisis Jaringan Twitter pada Interaksi Penggemar K-pop Menggunakan Pendekatan Social Network Analytic

  • Fani Maharani Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Telkom Indonesia
  • Sri Wahyuning Astuti Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Telkom Indonesia
Keywords: K-pop, penggemar K-pop, Twitter, Social Network Analysis, Komunikasi Media Sosial, Jaringan sosial, Budaya populer

Abstract

Korean Pop atau K-pop telah menjadi fenomena global dalam industri musik populer, terutama di Indonesia, dengan sejumlah besar penggemar yang membentuk komunitas melalui media sosial seperti Twitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan Social Network Analysis (SNA) untuk menganalisis pola interaksi antara penggemar K-pop di Twitter dengan fokus pada tagar #K-Popers. Data dikumpulkan pada tanggal 30 Mei 2023, mencakup 2720 postingan terkait K-pop. Hasil analisis menunjukkan adanya dua pola jaringan, yaitu pola interaksi roda dan pola interaksi Y. Selain itu, aktor-aktor utama seperti @starfess, @tanyarlfes, dan @nangkagembok memiliki peran sentral dalam jaringan. Analisis ini memberikan wawasan tentang struktur komunitas penggemar K-pop di Twitter dan implikasinya terhadap interaksi dalam dunia media sosial.

Published
2024-01-22
How to Cite
Maharani, F., & Astuti, S. (2024). Analisis Jaringan Twitter pada Interaksi Penggemar K-pop Menggunakan Pendekatan Social Network Analytic. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 13(1), 132-145. https://doi.org/10.35508/jikom.v13i1.9234
Section
Articles