Strategi Optimasi Media Sosial dalam Meningkatkan Engagement Podcast "Action Nihil" Lembaga Sensor Film Republik Indonesia (LSF RI)

  • Adinda Zahrotul Fitri Prodi. Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Widiya Yutanti Prodi. Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Strategi, Podcast, Media Sosial, Optimasi, Engagement

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi konten podcast yang dilakukan salah satu lembaga milik Negara Indonesia dalam meraih peningkatan engagement pada platform media sosial Youtube. Subyek penelitian ini berada pada Lembaga Sensor Film Republik Indonesia di daerah Jakarta pusat. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Adapun objek penelitian yang digunakan adalah data peningkatan engagement konten podcast “Action Nihil”, channel youtube Lembaga Sensor Film RI yang diperoleh melalui data analisis periode 17 Maret hingga 14 Juni 2023. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa adanya konten podcast pada media sosial Youtube Lembaga Sensor Film RI ini telah dilakukan dengan penyusunan strategi, guna mencapai peningkatan engagement. Adapun strategi yang dilakukan ialah menggunakan dua jenis strategi, strategi konten dan strategi pemanfaatan platform multimedia. Namun, terdapat beberapa kekurangan dari strategi tersebut yaitu kurangnya penggunaan tagar pada media promosi dan kurangnya jadwal unggahan konten podcast Action Nihil pada media sosial Youtube.

Published
2024-01-22
How to Cite
Fitri, A., & Yutanti, W. (2024). Strategi Optimasi Media Sosial dalam Meningkatkan Engagement Podcast "Action Nihil" Lembaga Sensor Film Republik Indonesia (LSF RI). Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 13(1), 175-186. https://doi.org/10.35508/jikom.v13i1.9333
Section
Articles