Pengelolaan Promosi Pasar Modern Intermoda BSD City Melalui Program Event

  • Salsabila Aulia Putri Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Desain Kreatif, Universitas Budi Luhur
  • Ni Gusti Ayu Ketut Kurniasari Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Desain Kreatif, Universitas Budi Luhur
Keywords: Event, Pasar Modern Intermoda, Strategi Promosi

Abstract

Pasar Modern Intermoda BSD City adalah pasar modern yang berbeda dari yang lain karena sering mengadakan event dari berbagai macam kategori, Padatnya event promosi sehingga membutuhkan strategi yang tepat agar event dapat berjalan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi serta pengelolaan promosi yang dilakukan oleh Pasar Modern Intermoda BSD City melalui event yang diselenggarakan. Penelitian ini menggunakan metode deskrptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data terfokus pada Focus Group Discussion (FGD). FGD dilakukan dengan melibatkan tiga orang yaitu pengelola, konsumen dan pedagang. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi yang dilakukan Pasar Modern Intermoda BSD City adalah melalui  riset sebagai data event, konsistensi karakter pada family event, event sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat, dan pengelolaan event melalui implementasi barter, dimana keempat hal tersebut merupakan komponen penting dalam pengelolaan promosi melalui program event di Pasar Modern Intermoda BSD City. Dari event yang sudah dilaksanakan terjadi peningkatan pengunjung sebesar 20% hingga 30% dibandingkan hari biasanya.

Published
2024-07-08
How to Cite
Putri, S., & Kurniasari, N. G. (2024). Pengelolaan Promosi Pasar Modern Intermoda BSD City Melalui Program Event. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 13(2), 197-211. https://doi.org/10.35508/jikom.v13i2.9373
Section
Articles