Strategi Branding Kota Kupang Melalui Pendekatan Memorable Tourism Experience dan Tourism Product Characteristics

  • Viktorianus Mahendra Da Lopez Program Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pasundan, Indonesia
  • Eddy Jusuf Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pasundan, Indonesia
  • Juanim Juanim Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pasundan, Indonesia
Keywords: Memorable Tourism Experience, City Branding, Tourism, Kota Kupang

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang strategi branding kota kupang melalui pendekatan memorable tourism experience dan tourism product characteristics. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan triangulasi data menggunakan google review dan pendapat pakar city branding. Pengambilan data akan  dilakukan dengan memberikan kuisioner kepada sejumlah wisatawan dari luar NTT hingga mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan kuisioner yang digunakan adalah kuisioner tertutup dan terbuka. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kota Kupang menghasilkan memori yang baik di pikiran para wisatawan dengan indahnya destinasi alam, keragaman kuliner, keragaman adat istiadat dan budaya serta toleransi beragama yang tinggi. Kesan Kota Kupang sebagai kota yang eksotis, kreatif, gorgeous, berbudaya, dan toleran menjadi hal-hal yang diingat oleh wisatawan maupun masyarakat pendatang tentang Kota Kupang. Kesan-kesan tersebut merupakan bentuk akhir dari 7 dimensi Memorable Tourism Experience dan City Branding Hexagon. Kesan-kesan dan karakteristik Kota Kupang beserta keunikannya dapat digambarkan dalam sebuah tagline “Warm Heart Of Timor” sebagai sebuah city branding yang kuat untuk dapat menarik minat wisatawan dan dapat menjadi panduan dasar untuk penyusunan program promosi pariwisata dan pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh pemerintah Kota Kupang.

Published
2024-07-08
How to Cite
Da Lopez, V., Jusuf, E., & Juanim, J. (2024). Strategi Branding Kota Kupang Melalui Pendekatan Memorable Tourism Experience dan Tourism Product Characteristics. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 13(2), 258-276. https://doi.org/10.35508/jikom.v13i2.9398
Section
Articles