Pengaruh Paparan Konten Tiktok Pandawara Group terhadap Perilaku Sadar Lingkungan

  • Wahyu Eka Putri Universitas Tidar
  • Lintang Citra Christiani Universitas Tidar
  • Fakhrisa Nurtalitha Sari Universitas Tidar
  • Muhammad Pramuja Universitas Tidar
Keywords: Paparan konten, Tiktok, Pandawa grup, Perilaku sadar lingkungan

Abstract

Sampah masih menjadi persoalan yang belum terselesaikan secara optimal dalam masyarakat. Data-data menunjukkan rendahnya perilaku kepedulian masyarakat Indonesia terkait lingkungan dan masalah sampah. Pada kondisi tersebut, mulai muncul pihak-pihak yang berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai kebersihan lingkungan, salah satunya konten Pandawara Grup di media TikTok  yang kemudian banyak diikuti dengan jumlah penonton mencapai 37 juta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh paparan konten terhadap tingkat kognitif, afektif dan konatif yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan dari Masyarakat Jawa Tengah pengguna aplikasi TikTok. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian dengan berorientasi pada hasil survei yang dilakukan. Teori uses and effect menjadi teori utama yang dimanfaatkan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media sekaligus conseffects yang mungkin dapat terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial TikTok berpengaruh untuk menghasilkan efek bagi penggunanya. Efek media meliputi efek kognitif, afektif, dan konatif mulai dari memberikan informasi seputar lingkungan, memunculkan ransangan emosional kepedulian, hingga perilaku prososial terlibat dalam menjaga kebersihan. Dua proses yang serempak terjadi yakni gabungan antara konsekuensi (dalam teori uses dan gratification) dan efek atau disebut conseffects. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten TikTok Pandawara Group berpengaruh terhadap perilaku sadar lingkungan masyarakat.

Published
2024-07-08
How to Cite
Putri, W., Christiani, L., Sari, F., & Pramuja, M. (2024). Pengaruh Paparan Konten Tiktok Pandawara Group terhadap Perilaku Sadar Lingkungan. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 13(2), 360-373. https://doi.org/10.35508/jikom.v13i2.9444
Section
Articles