Personal Branding Krisna Pratiwi sebagai Llifestyle Influencer di Instagram

  • Dyah Gendis Artati Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia
  • Yustikasari Yustikasari Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia
  • Yanti Setianti Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia
Keywords: Personal Branding, Lifestyle Influencer, Instagram, Identitas Diri, Deskriptif

Abstract

Krisna Pratiwi memilih instagram untuk menjadi media utama dalam mata pencahariannya. Sebagai influencer yang menggunakan dirinya sebagai pusat dari pekerjaannya, sangat diperlukan untuk melakukan personal branding terhadap dirinya. Krisna membranding dirinya sebagai lifestyle influencer yang ditunjukkan melalui akun instagramnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memahami identitas diri, ekspresi, dan konsistensi Krisna Pratiwi dalam proses personal branding sebagai lifestyle influencer di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka dan observasi. Konsep yang digunakan adalah konsep Personal Branding oleh William Arruda. Hasil penelitian menunjukkan Krisna Pratiwi memahami identitas dirinya sebagai lifestyle influencer yang menginspirasi, percaya diri dan cinta diri melalui konten yang autentik dan informatif di Instagram. Ia mengekspresikan personal brandingnya dengan interaksi langsung dan konten yang konsisten, menekankan keaslian dan relevansi bagi audiensnya. Dalam menjaga konsistensi, Krisna tampil menarik dan sederhana, berkolaborasi dengan brand yang sesuai dengan nilai-nilai yang dipegangnya, dan selalu berusaha memberikan pengaruh positif kepada pengikutnya. Kesimpulan dari Penelitian ini adalah Krisna Pratiwi telah melakukan tiga tahap personal branding yaitu extract, express, dan exude.

Published
2025-07-09
How to Cite
Artati, D., Yustikasari, Y., & Setianti, Y. (2025). Personal Branding Krisna Pratiwi sebagai Llifestyle Influencer di Instagram. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 14(2), 286-302. https://doi.org/10.35508/jikom.v14i2.9697
Section
Articles