Pengaruh Bimbingan Teknis berbasis Media Digital SIKOMODO terhadap Peningkatan Jabatan Fungsional Dosen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bimbingan teknis terhadap peningkatan jabatan fungsional dosen di Universitas Kristen Artha Wacana Kupang (UKAW). Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 106 dosen yang telah mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup dan dianalisis menggunakan regresi linier serta analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan teknis berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap peningkatan jabatan fungsional dosen, dengan koefisien jalur sebesar 0,476 dan nilai signifikansi 0,001. Temuan ini didukung oleh persepsi mayoritas responden yang menilai pelaksanaan Bimtek berada dalam kategori “sesuai harapan” hingga “sangat sesuai harapan”. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan Bimtek yang efektif dan terstruktur mampu menjadi faktor penting dalam mendukung percepatan kenaikan jabatan fungsional dosen. Oleh karena itu, perguruan tinggi disarankan untuk terus mengembangkan program Bimtek yang berbasis pada kebutuhan profesional dosen, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan akademik. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pengambil kebijakan pendidikan tinggi dalam menyusun strategi pelatihan yang berkelanjutan dan berdampak nyata.
Copyright (c) 2025 Florentina P. C. Bere Mau, Alo Liliweri, Mas’ Amah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.