ANALISA KEBUTUHAN DAYA LISTRIK MELALUI PERHITUNGAN KEBUTUHAN PENDINGIN UDARA

  • Evtaleny R Mauboy Universitas Nusa Cendana
Keywords: daya listrik, pendingin udara, AC

Abstract

Kondisi udara di kota-kota di Indonesia terutama daerah dengan ketinggian cukup dekat dengan permukaan air laut, kurang memberikan kenyamanan karena udaranya yang panas akibat meningkatnya pemanasan global. AC (Air Conditioner) adalah alat yang dapat digunakan untuk membuat kondisi udara berubah menjadi nyaman. Perhitungan daya listrik dari kebutuhan AC untuk sebuah gedung perkantoran yang beralih fungsi menjadi ruang serbaguna dilakukan. Dari hasil perhitungan maka terlihat bahwa daya yang dibutuhkan untuk sebuah gedung perkantoran yang beralih fungsi menjadi ruang serbaguna adalah sebesar 92,5 kW.

References

1. Tangoro, D. (2010). Utilitas bangunan. UI Press. Jakarta
2. Depdiknas RI (2005). Teknik penghematan energi pada rumah tangga dan banguan Gedung. Jakarta
3. Priyadi, I. (2009). Optimasi penggunaan AC sebagai alat pendingin ruangan. Universitas Bengkulu. Bengkulu
4. https://www.nationalelektronik.com/2014/08/cara-menghitung-kebutuhan-pemakaian-pk-ac-sesuai-ruangan/ diakses tanggal 24 September 2018.
Published
2018-10-31
How to Cite
Mauboy, E. (2018). ANALISA KEBUTUHAN DAYA LISTRIK MELALUI PERHITUNGAN KEBUTUHAN PENDINGIN UDARA. Jurnal Media Elektro, 44 - 46. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/jme/article/view/516
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.