Pengembangan Bahan Ajar Analisis Kompleks Berbasis E-Learning

  • Patrisius Afrisno Udil(1*)
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Analisis Kompleks, Pendidikan Matematika

Abstract

Pandemi covid-19 yang mengubah sistem perkuliahan tatap muka menjadi perkuliahan menggunakan e-learning menghadirkan tantangan tersendiri untuk menyediakan bahan ajar yang relevan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar analisis kompleks berbasis e-learning yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 3D yang mencakup tahap define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan matematika FKIP Unversitas Nusa Cendana pada tahun akademik 2020/2021 dengan subjek penelitian berjumlah 46 orang. Hasil penelitian dan pengembangan ini  menunjukkan bahwa bahan ajar analisis kompleks berbasis e-learning yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Validitas bahan ajar terlihat dari rata-rata tingkat validitas sebesar 89,9% dengan kriteria sangat valid. Praktikalitas bahan ajar terlihat dari tingkat praktikalitas menurut dosen dan mahasiswa berturut-turut adalah 92,5% dan 85,5% dengan kriteria sangat praktis. Sementara efektifitas bahan ajar terlihat dari 100% mahasiswa yang menggunakan bahan ajar dapat mencapai ambang batas nilai 60. Selain itu, efektifitas juga terlihat dari perbedaan rata-rata nilai mahasiswa yang menggunakan bahan ajar dengan yang tidak menggunakan. Hal ini dipertegas hasil uji t dengan SPSS 25 yang menunjukkan nilai thitung = 2,093 > ttabel = 1,997 dan nilai sig. (2-tailed) = 0,040 < α = 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Albab, S. U. (2020). Analisis Kendala Pembelajaran E - Learning Pada Era Disrupsi di SMK Terpadu Al-Islahiyah Singosari Malang. Mudir (Jurnal Manajemen Pendidikan), 2(1), 37-46.

Churton, M. W. (2006). Principles of E-Learning and On-Line Teaching. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(1), 15 – 33.

Hamdunah. (2015). Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme dan Website pada Materi Lingkaran dan Bola. Lemma, 2(1), 35-42.

Handayani, R. D. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Mobile-Learning Pada Mata Kuliah Optik di FKIP Universitas Jember. Ta’dib, 17(1), 81-85.

Munir, N. P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Konstruktivisme dengan Media E-Learning pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo. Al-Khwarizmi, 6(2), 167-178.

Rahmawati, Y., & Vahlia, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E Learning Pada Matakuliah Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Aksioma, 6(2), 169-177.

Setyawan, F., Prasetyo, P. W., & Nurnugroho, B. A. (2020). Developing Complex Analysis Textbook to Enhance Students’ Critical Thinking. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 5(1), 26-37.

Siregar, Y. P. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Analisa Kompleks dengan Menggunakan Strategi Inquiry di STKIP Tapanuli Selatan. Jurnal Education and development, 4(1), 72-78.

Solihah, F., Suparman, Taib, B., Machmud, T., Rahman, M., Hairun, M. S. Y., Aboe, R. M., Ardiani, F., Artika, S. (2021). E-Learning Design Based on Moodle to Develop Mathematical Communication Skills of Students. Sys Rev Pharm, 12(1), 394-401.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Analisis Kompleks Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pagaralam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Tanggal 2 Juni 2016, 312-323. Palembang: FKIP Universitas Muhammadiyah.

Susianto, D. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Pemrograman II. Jurnal Cendikia, 10(1), 1-9.

Thiagarajan, S; Semmel, D.S; & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Utomo, D. S., Sumarmi, & Susilo, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Litosfer Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(2), 1-8.

Yudhana, A. S. L. & Kusuma, W. A. (2021). Kelebihan Dan Kekurangan Learning Management System (LMS) Menggunkan Pendekatan Literature Review, dan User Persona. Jurnal Syntax Admiration, 2(9), 1617-1628.

PlumX Metrics

Published
2022-06-11