DISAIN SISTEM PENGINDERAAN LEVEL INTENSITAS CURAH HUJAN BERBASIS MINICOMPUTER

  • H. Lami(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • S. I. Pella(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pengindraan curah hujan, Raspberry Pi, Remote Sensing

Abstract

Intensitas curah hujan mempunyai peran yang penting bagi pertanian di Indonesia, terutama pada daerah-daerah potensial lahan kering. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah sistem yang dapat memonitor curah hujan dan melaporkannya secara otomatis ke sebuah komputer server yang daoat diakses oleh setiap pihak yang membutuhkan. Protoype sistem yang dibangun terdiri dari sensor ultrasonic dan minicomputer Raspberry Pi 3 mode B+ yang terhubung ke jaringan internet. Raspberry Pi mengakses sensor ultrasonic untuk membaca level ketinggian air pada wadah penampung curah hujan secara berkala, mengolahnya untuk mendapatkan data curah hujan dan menyimpan data tersebut dalam sebuah database. Sebuah server pusat bertugas untuk mengumpulkan data curah hujan dari setiap titik pengambilan sampel. Publik dapat mengakses data sensing dari tiap wilayah menggunakan teknologi website.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

H. Lami, Universitas Nusa Cendana

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik

S. I. Pella, Universitas Nusa Cendana

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik

References

Pujiono, E., 2015. Penilaian Tingkat Kerentanan Sumber Daya Air terhadap Variabilitas Iklim di DAS Aesesa, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan, 12(3).

Bencana, B.N.P., 2013. Info Bencana. Edisi Maret.

Prasetia, R., As-syakur, A.R. and Osawa, T., 2013. Validation of TRMM Precipitation Radar satellite data over Indonesian region. Theoretical and applied climatology, 112(3-4), pp.575-587.

Badan Meteorologi dan Geofisika, 2006. Peraturan Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika NOMOR : SK.32/TL.202/KB/BMG-2006 tentang Tata cara tetap pelaksanaan pengamatan dan pelaporan data iklim dan agroklimat, Jakarta

Gustari, I., Hadi, T.W., Hadi, S. and Renggono, F., 2012. Akurasi prediksi curah hujan harian operasional di Jabodetabek: Perbandingan dengan model WRF. Jurnal Meteorologi dan Geofisika, 13(2).

Pramana, Y.H., Harisuseno, D. and Dermawan, V., 2015. Studi Pengendalian Banjir Sungai Remu Kota Sorong Provinsi Papua Barat. Jurnal Teknik Pengairan, 5(2), pp.182-188.

Yoo, C., Jun, C. and Park, C., 2015. Effect of rainfall temporal distribution on the conversion factor to convert the fixed-interval into true-interval rainfall. Journal of Hydrologic Engineering, 20(10), p.04015018.

PlumX Metrics

Published
2018-04-30
How to Cite
[1]
H. Lami and S. Pella, “DISAIN SISTEM PENGINDERAAN LEVEL INTENSITAS CURAH HUJAN BERBASIS MINICOMPUTER”, JME, vol. 7, no. 1, pp. 27-30, Apr. 2018.
Section
Articles