JURNAL FISIKA

FISIKA SAINS DAN APLIKASINYA

(FiSA) 

KEBIJAKAN EDITORIAL

Jurnal Fisika – Fisika Sains dan Aplikasinya diterbitkan oleh Jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Teknk - Universitas Nusa Cendana secara berkala (setiap 6 bulan) yaitu setiap bulan April dan Oktober, dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian, pengkajian, dan pengembangan bidang Fisika beserta dengan terapan ilmu fisika. Artikel yang dipublikasi dalam Jurnal FiSA dapat berupa Artikel Penelitian maupun Artikel Konseptual (non-penelitian).

PENYERAHAN ARTIKEL

1.      Artikel dikirim tanpa menggunakan nama penulis untuk memastikan proses blind review, identitas author diinputkan terpisah dari file artikel melalui kolom metadata artikel.

2.      Artikel yang dikirim harus dilampiri Ethical Statement bahwa artikel tersebut belum pernah diterbitkan atau tidak sedang dalam proses penerbitan di jurnal lain, yang dibuktikan dengan pernyataan tertulis yang ditanda-tangani oleh penulis (bermaterai Rp 6000).

3.   Jika artikel menggunakan pendekatan survei atau eksperimen, maka seluruh instrumen (kuesioner, kasus, rencana wawancara, dan lainnya) harus dilampirkan.

4. Informasi selanjutnya dapat dilihat di laman Article Submission , Redaksi Jurnal Fisika – FiSA – Universitas Nusa Cendana, Jl. Adi Sucipto, Penfui. Kupang – NTT. E-mail: jurnalfisika@undana.ac.id

METODE REVIEW

Artikel yang dinyatakan lolos dari penilaian awal akan dikirim kepada Mitra Bebestari untuk ditelaah kelayakan terbit melalui proses blind review. Reviewer tidak akan mengetahui nama penulis atau sebaliknya. Hasil blind review akan menyatakan:

  • 1.      Artikel dapat dipublikasi tanpa revisi.
  • 2.      Artikel dapat dipublikasi dengan perbaikan format dan bahasa yang dilakukan oleh penyunting. Perbaikan cukup dilakukan pada proses penyuntingan.
  • 3.      Artikel dapat dipublikasi, tetapi penulis harus memperbaiki terlebih dahulu sesuai dengan saran penyunting.
  • 4.      Artikel tidak dapat dipublikasi.