Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Pengajuan belum dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan pada jurnal lain (atau penjelasan telah disediakan di Komentar untuk Editor).
    The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • File artikel yang dikirimkan dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
    The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Jika dimungkinkan , URL untuk referensi telah disediakan.
    Where available, URLs for the references have been provided.
  • Teks ini memiliki spasi tunggal; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan garis bawah (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada tempat yang tepat, bukan di akhir.
    The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulis.
    The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

TEMPLATE ARTIKEL

  1. Artikel yang disubmit memiliki 2500 sampai 5000 kata atau sekitar 8-14 halaman dengan spasi satu dan harus memiliki abstrak dengan maksimal 200 kata. Abstrak harus memuat penjelasan tentang signifikansi topik, gap antara teori dan eksperimen atau antara realita dan ekpektasi, atau kurangnya studi tentang topik yang dibahas, tujuan penelitian, metode, hasil penelitian dan kesimpulan.
  2. Pada bagian abstrak, tuliskan secara eksplisit dengan huruf yang dicetak tebal: pendahuluan, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan.
  3. Di bawah abstrak, tuliskan 3-5 kata kunci dan dilanjutkan dengan main body artikel dengan ukuran font 12.
  4. Jurnal ini menjalankan suatu proses peer review dan menerapkan blind review. Untuk memfasilitasi proses ini, nama penulis (tanpa gelar), afiliasi institusi, dan alamat email penulis korespondensi hanya akan ditampilkan pada sebuah lembar cover yang dapat dilepas.
  5. Penulis harus melampirkan sebuah CV singkat (maksimal 80 kata) yang menjelaskan posisi dan aktivitas terupdate penulis.
  6. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia, kecuali bagian abstrak harus memiliki 2 versi termasuk Bahasa Inggris, dengan spasi satu, menggunakan Microsoft Word, ukuran font 12,  Times New Roman, margin kanan dan kiri 3 cm, margin atas dan bawah 2.54 cm dengan ukuran kertas A4.
  7. Footnote ditampilkan pada bagian akhir teks, bukan di bagian bawah halaman bersangkutan. Nomor halaman ditampilkan di bagian kanan bawah.
  8. Tuliskan main body artikel dalam 2 kolom, dengan pengecualian untuk tabel dan gambar. Gunakan indentasi baris pertama 1 cm. Namun, tidak boleh gunakan indensi untuk paragraph pertama setelah judul utama dan paragraf pertama setelah setiap subheading.
  9. Untuk artikel-artikel berbasis penelitian, outline yang digunakan adalah: pendahuluan (tanpa heading dan subheading), metode, hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka.
  10. Judul harus kurang dari 12 kata, ditulis dengan huruf capital, centered, dicetak tebal dengan ukuran font 16.
  11. Pendahuluan terdiri dari latar belakang penelitian, konteks penelitian, tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian. Semua bagian pendahuluan harus ditampilkan dalam bentuk paragraf-paragraf, bukan poin-poin, dengan proporsi sekitar 15-20% dari panjang keseluruhan artikel.
  12. Metode terdiri dari penjelasan tentang desain penelitian, sumber data, pengumpulan data, dan analisis data, dengan proporsi sekitar 10-15% dari total panjang artikel, semua ditampilkan dalam bentuk paragraf-paragraf.
  13. Bagian hasil dan pembahasan memuat penjelasan hasil-hasil analisis data untuk menjawab pertanyaan peneilitan dan arti hasil-hasil penelitian ini berdasarkan teori terbaru dan referensi-referensi dari bidang yang berkaitan. Proporsi bagian ini adalah 40-60% dari total panjang artikel.
  14. Bagian kesimpulan memuat ringkasan, pernyataan ulang terkait hasil-hasil utama dari penelitian.
  15. Ketika menampilkan tabel, gunakan garis horizontal saja. Tempatkan nomor dan judul tabel di atas tabel bersangkutan.
  16. Sitasi dilakukan dengan menggunakan kurung (nama terakhir dan tahun publikasi)[[1]. Jika sumber disitasi secara verbatim, nomor halaman harus dimuat (78)[2].
  17. Kutipan dan daftar pustaka mengikuti style CJP (Canadian Journal of Physics)[3] dan daftar pustaka harus dimuat pada bagian akhir artikel mengikuti contoh-contoh berikut :

1            Suparta GB, Handayani N. 2009. Application of Computed Tomography to Quality Inspection of Brass Alloy. Proc. of SPIE. 7522: PP1.

2            Louk AC, Suparta GB, Hidayah N. 2014. Image Processing for Multiple Micro-Radiography Images. Advanced Materials Research. 896: 676.

3            Wiguna GA, Suparta GB, Louk AC. 2014. 3D Micro-Radiography Imaging for Quick Assessment on Small Specimen. Advanced Materials Research. 896: 681.

 

1.      Sistimatika Penulisan Artikel

a)      Judul

Judul ditulis singkat, jelas, maksimum 12 kata dalam Bahasa Indonesia atau 10 kata dalam bahasa Inggris, ditulis dengan huruf kapital, jenis huruf Times New Roman ukuran 14 - Bold, ditulis rata tengah tanpa diakhiri tanda titik.

b)      Nama penulis, e-mail dan institusi

Nama penulis (tanpa gelar akademik), alamat e-mail, dan nama institusi ditulis di bawah judul artikel. Bila naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama, atau penulis yang namanya tercantum dalam urutan pertama.

c)      Abstrak dan kata kunci

Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan jumlah kata antara 150-200, memuat secara ringkas dan jelas tentang masalah penelitian, tujuan, metode, dan hasil serta simpulan. Kata kunci terdiri dari 3-5 kata, ditulis dalam satu spasi setelah abstrak.

d)       Pendahuluan

Berisi uraian tentang latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian.

e)      Tinjauan  teoretis

Berisi uraian tentang teori-teori dan penelitian terdahulu yang menjadi landasan pengembangan hipotesis (bila ada) dan model penelitian.

f)       Metode Penelitian

Berisi uraian tentang jenis penelitian dan gambaran dari populasi (objek) penelitian, teknik pengambilan sampel, teknik pengumpulan data, variabel dan definisi operasional variabel (satuan kajian untuk penelitian kualitatif), dan teknik analisis data.

g)      Analisis dan Pembahasan

Berisi uraian tentang analisis data penelitian dan pembahasan tentang temuan penelitian.

h)     Simpulan dan Saran

Berisi tentang simpulan penelitian, saran, dan keterbatasan penelitian.

i)        Daftar Pustaka

 

2.       Format Penulisan

a)      Artikel diketik menggunakan microsoft word dengan huruf Times New Roman ukuran 11 dengan jarak baris satu spasi pada kertas A4.

b)      Marjin kertas: Sisi Atas 3 cm dan sisi kiri, kanan, dan bawah masing-masing 2,5 cm.

c)      Panjang artikel berkisar antara 7-10 halaman, termasuk Daftar Pustaka.

d)      Semua halaman, termasuk daftar pustaka dan lampiran harus diberi nomor urut.

 3.      Tabel dan Gambar

a)      Setiap tabel diberi nomor urut dan judul lengkap diletakkan di atas tabel, sedangkan untuk gambar, nomor urut dan judul diletakkan di bawah gambar, disertai sumber kutipan dengan menggunakan tipe huruf Book Antiqua ukuran 9 dicetak tebal.

b)      Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak dan berwarna hitam putih.

c)      Tabel tidak menggunakan garis kolom.

 4.      Kutipan

Pengacuan pustaka dilakukan dengan menuliskan [nomor urut pada daftar pustaka] mis. [1], [1,2], [1,2,3]. Sitasi kepustakaan harus ada dalam Daftar Pustaka dan Daftar Pustaka harus ada sitasinya dalam naskah. Pustaka yang disitasi pertama kali pada naskah [1], harus ada pada daftar pustaka no satu, yg disitasi ke dua, muncul pada daftar pustaka no 2, begitu seterusnya. Daftar pustaka urut kemunculan sitasi, bukan urut nama belakang.  Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang benar benar disitasi pada naskah.

 5.      Daftar Pustaka

Penulisan daftar pustaka terdiri-dari nama penulis, tahun penerbitan, judul artikel, nama kota dan institusi penerbitan. Daftar pustaka diurutkan sesuai urutan kemunculan dalam sitasi. Kata kedua dalam nama disepakati sebagai nama keluarga. Semua pustaka yang dirujuk dalam teks harus dituliskan dalam daftar pustaka. Daftar pustaka diutamakan merupakan artikel yang diambil dari jurnal / publikasi terbaru paling lama 5 tahun sebelum pengiriman artikel (paper submission). Berikut adalah contoh daftar pustaska :

1.      Louk, A. C., Suparta, G. B., 2015, 3D image reconstruction on X-ray micro-computed tomography, Proceedings of SPIE - The International Society for Optical Engineering, 113-114.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.