ANALISIS PERBANDINGAN KEMUNCULAN SINTILASI IONOSFER DI KUPANG DAN DARWIN

  • Roci N. Piubati(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Ali Warsito(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Asnwi Husin(3*)
    Indonesian National Institute of Aeronautics and Space
  • (*) Corresponding Author
Keywords: S4 index, ionospheric syntesis, analysis

Abstract

ABSTRAK

Telah dilakukan analisis perbandingan kemunculan sintilasi ionosfer di Kupang dan Darwin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemunculan sintilasi ionosfer antara Kupang dan Darwin serta mekanisme kemunculan sintilasi ionosfer di Kupang dan Darwin dengan variasi indeks S4 ≥ 0.4, ≥ 0.5 dan ≥ .6. Metode yang digunakan adalah mengolah data sintilasi dengan software MATLAB untuk mendapatkan grafik variasi harian, dan dilanjutkan dengan pengerjaan menggunakan microsoft excell untuk mendapatkan grafik bulanan dan tahunan serta grafik perbandingan kemunculan sintilasi ionosfer di Kupang dan Darwin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan kemunculan sintilasi ionosfer di Kupang dan Darwin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan kemunculan sintilasi ionosfer antara Kupang dan Darwin tahun 2013 memiliki korelasi yang kuat dengan indeks S4 ≥ 0.4 terjadi pada bulan September dan Oktober dengan koefisien korelasi ≥ 0.6 dan pada bulan Mei dan Juli memiliki korelasi yang lemah dengan koefisien korelasi ≥ 0.5 sedangkan pada bulan Juni, Agustus dan November tidak berkorelasi.

Kata kunci : indeks S4, sintilasi ionosfer, analisis.

ABSTRACT

Comparrative analysis of ionospheric synthesis in Kupang and Darwin has been done. This study aims to find out the comparison of ionospheric synthesis between Kupang and Darwin and mechanism of emergence of Kupang and Darwin ionosphere synthesis with variation of S4 index  ≥ 0,4, ≥ 0,5 and ≥ 0,6. The method used is to process the synthesis data with MATLAB software to get daily variation graph, and continued with workmanship using microsoft excell to get monthly and annual variation graph and comparison graph of ionospheric in Kupang and Darwin. The results show that the comparison of ionospheric synthesis between Kupang and Darwin in 2013 has a strong correlation with S4 index ≥ 0,4 occurs in September and October with correlation coeffisient ≥ 0,6 and in May and Juli have a weak correlation with correlation coeffisient ≤ 0,5 while in Juni, August and November did not correlate.

Keyboard : S4 index, ionospheric syntesis, analysis

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-12-16
How to Cite
Piubati, R., Warsito, A., & Husin, A. (2018). ANALISIS PERBANDINGAN KEMUNCULAN SINTILASI IONOSFER DI KUPANG DAN DARWIN. Jurnal Fisika : Fisika Sains Dan Aplikasinya, 3(1), 21-29. https://doi.org/10.35508/fisa.v3i1.590