HUBUNGAN MASSA TERHADAP NILAI PERIODE DAN NILAI FREKUENSI PADA PERGAS BERBASIS ANDROID
Abstract
Smartphone menjadi salah satu alat teknologi yang tidak lepas dari genggaman manusia Smartphone dapat digunakan dalam percobaan pembelajaran fisika. Materi fisika yang bersifat kompleks dan abstrak memerlukan penjelasan dan pembuktian secara langsung. Dalam smartphone terdapat sensor yang dapat menjelaskan pembelajaran yang bersifat abstrak salah satunya dalam materi gerak harmonik sederhana. memalui ekperimen hubungan massa terhadap nilai priode dan nilai frekuensi pada pegas dengan menggunakann sensor smarthphone pada aplikasi Phyphox. Metode dalam dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif adalah suatu pendekatan ilmiah untuk pengambilan keputusan manajerial. Jenis data yang digunakan ialah data kualitatif. Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan hubungan massa terhadap nilai priode dan nilai frekuensi pada pegas yang terpenting aplikasi Phyphox yang bisa di unduh di Google Play Store secara geratis. Hasil percobaan yang ditunjukan oleh Tabel 1, dapat ditentukan mengenai bagaimana hubungan massa terhadap nilai periode dan nilai frekuensi. Gambar 2 menunjukan grafik hubungan antara massa dengan frekuensi. Berdasarkan Gambar 2 dapat dilihat bahwa hubungan antara massa dengan frekuensi pada pegas adalah berbanding terbalik. Maka berdasarkan pembahsan tersebut bahwa periode dan pegas itu berbanding lurus maka besar kecil nilai pegas dipengeruhi oleh massa benda. Dan nilai massa berbanding terbalik dengan nilai frekuensi. Jika massa yang digantungkan kecil maka frekuensi pada pegas besar, namun jika massa yang digantungkan pada pegas besar maka nilai frekusi pegas kecil
Downloads
Copyright (c) 2022 Universitas Nusa Cendana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jl. Adisucipto, Penfui-Kupang, Lasiana, Klp. Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur., Indonesia
This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)