PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY DAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PROSEDURAL FISIKA SISWA SMP NEGERI 3 AMANUBAN TENGAH
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design, yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Amanuban Tengah pada bulan Februari tahun ajaran 2018/2019 . Adapun tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengetahuan prosedural fisika siswa yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry. (2) Untuk mengetahui peningkatan pengetahuan prosedural fisika siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Guide Inquiry. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Amanuban Tengah. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata skor pengetahuan prosedural pada kelas eksperimen = 77,12, dan pada kelas kontrol 71,02. Dari hasil analisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi (α) = 0,05, diperoleh: 1) terdapat perbedaan pengetahuan prosedural antara siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Proces Oriented Guided Inquiry Learning dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Guided Inquiry dimana nilai ttable = -2,014 <thitung = 4,013> ttable = 2,014. 2) pengetahuan prosedural fisika siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Proces Oriented Guided Inquiry Learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry dimana nilai thitung = 7,058> ttabel= 2,014.
Kata kunci: model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Guided Inquiry, Pengetahuan Prosedural Fisika .
Abstract
[Implementation of a Learning Model for the Process Oriented Guided Inquiry and Guided Inquiry Model to Improve the Physics Procedural Knowledge of Students at SMP Negeri 3 Amanuban Tengah] This research is experiment research with Randomised control group preteest-possttesst desigen exetut at SMP Negeri 3 Amanuban Tengah on school year Februari 2018/2019. Aim of this researchhare (1) to knows an differences improve student physics procedural knowledge between students by applying process oriented guided inquiry learning model with students by applying guided inquiry model (2) to know improve students physics procedural knowledge was taught by apllying process orinted guided inquiry learning model higher than students was taught by apllying guided inquiry model. Population in this research is all of students of grade VIII SMP Negeri 3 Amanuban Tengah. Research result, it is found the average score of studentsphysics procedural knowledge in experimental class = 77,12, and control class 71,02. The result of the analisis using t-test with signifificant level α = 0,05 concluded that (1) there are diferenrence of physics procedural of student physics which is significant between students taught by applying process oriented guided inquiry learning with students taught by knowledge that is taught by applying process oriented guided inquiry learning model is higher than the students taught by applying the guided inquiry model where tcount = 7,058> ttable = 2,014.
Keywords: Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) model, guided inquiry, physics procedural knowledge
Downloads
Jl. Adisucipto, Penfui-Kupang, Lasiana, Klp. Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur., Indonesia
This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)