PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI HUKUM NEWTON

  • Kadek Ayu Astiti(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Antonius S. . Hali(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: teaching material, contextual, physics, newton’s of law

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul fisika SMA berbasis kontektual. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model dick&carey dengan beberapa tahap yaitu analisis kebutuhan, perencanaan media, pengembangan produk, uji coba perseorangan, revisi, uji coba kelompok kecil, revisi dan uji coba kelompok besar, revisi dan penyebaran. Instrumen yang digunakan berupa kuisioner yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan praktisi yakni guru dan siswa. Sampel sekolah yang digunakan adalah SMA N 2 Kupang dengan menggunakan 15 orang siswa untuk kelompok kecil dan 60 orang siswa untuk kelompok besar. Hasil yang diperoleh adalah bahan ajar berupa modul fisika SMA berbasis kontekstual pada materi hukum newton yang telah diuji validitasnya pada tim ahli serta praktisi. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi mencapai 70%, ahli media 87%, kelompok kecil 84% dan kelompok besar 85%. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Kata kunci: Bahan ajar; kontekstual; fisika; hukum newton

Abstract
This study aims to develop teaching materials that consist of contextual high school physics modules. This research is a research development that uses the model of dick & carey with several ways of needs analysis, media planning, product development, individual trials, revisions, small group trials, revisions and large group trials, revisions and distribution. The instrument used consisted of questionnaires given to material experts, media experts, and supporting teachers and students. The school sample used was SMA N 2 Kupang by using 15 students for small groups and 60 students for large groups. The results obtained are teaching materials consisting of high school physics modules based on contextuality in Newton's legal material that have obtained validity on the expert team and are accepted. The results of the feasibility test by material experts reached 70%, media experts 87%, small groups 84% and large groups 85%. This shows the developed teaching material is suitable for use.
Keywords: teaching material; contextual; physics; newton’s of law

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-10-25
How to Cite
Astiti, K., & . Hali, A. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI HUKUM NEWTON. Jurnal Fisika : Fisika Sains Dan Aplikasinya, 4(2), 108-113. https://doi.org/10.35508/fisa.v4i2.1836