KAJIAN KOMPUTASI NUMERIK ENERGI ELEKTRON DALAM SUMUR POTENSIAL BERHINGGA

  • Candra Satrio Umbu Luba Universitas Nusa Cendana
  • Ali Warsito Jurusan Fisika Universitas Nusa Cendana
  • Redi Kristian Pingak Jurusan Fisika Universitas Nusa Cendana https://orcid.org/0000-0002-4383-7973

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menentukan 2 energi eigen terendah elektron dalam sumur potensial berhingga menggunakan metode Newton-Raphson yang dibandingkan dengan solusi menggunakan metode Grafik. Selain itu penelitian ini juga bertujuan menginvestigasi hubungan tinggi potensial dan lebar potensial terhadap nilai eigen energi serta membandingkan hasil yang diperoleh dengan hasil untuk sumur potensial tak hingga. Hasil menunjukan bahwa akar-akar persamaan x yang didapat menggunakan metode Newton-Raphson dan metode Grafik sama serta metode Newton-Raphson memiliki konvergensi yang sangat baik dalam menentukan akar persamaan x baik untuk paritas ganjil maupun untuk paritas genap. Dari akar x yang telah diperoleh menggunakan metode Newton-Raphson diperoleh energi elektron pada 2 keadaan terendah pada tinggi potensial 10 eV dan lebar sumur 3 Å diperoleh energi 0,71526926 eV untuk n=1 dan 2,8206863 eV untuk n=2. Tinggi potensial memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap energi yakni ketika tinggi potensial sumur semakin besar energi elektron yang didapat semakin besar baik untuk paritas ganjil maupun untuk paritas genap. Lebar sumur juga sangat berpengaruh terhadap energi yang diperoleh yakni semakin lebar sumur energi yang diperoleh semakin besar baik untuk paritas ganjil maupun untuk paritas genap. Perbandingan energi sumur potensial berhinnga dengan potensial tak hingga menunjukan bahwa semakin tinggi sumur potensial, energi elektron dalam sumur potensial berhingga semakin mendekati nilai energi untuk sumur potensial tak hingga.
Kata kunci: Potensial Berhingga, Metode Newton-Raphson, Metode Grafik, Paritas Ganjil, Paritas Genap, Persamaan Schrödinger.

Published
2021-06-20
How to Cite
Luba, C. S., Warsito, A., & Pingak, R. (2021). KAJIAN KOMPUTASI NUMERIK ENERGI ELEKTRON DALAM SUMUR POTENSIAL BERHINGGA. Jurnal Fisika : Fisika Sains Dan Aplikasinya, 6(1), 17-23. https://doi.org/10.35508/fisa.v6i1.3819