Sistem Alarm Kebakaran Menggunakan Sensor Infra Red Dan Sensor Suhu Berbasis Arduino Uno

  • Marselinus M. Kali(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Jonshon Tarigan(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Andreas Christian Louk(3*)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Fire Alarm, Infra Red Sensor, Temperature Sensor LM35DZ, Arduino Uno

Abstract

Abstrak

                Telah dirancang sebuah sistem alarm kebakaran menggunakan Sensor Infra Red, sensor suhu LM35DZ. Pada penelitian ini Arduino uno yang telah dilengkapi dengan mikrokontrol ATMega 328 berfungsi sebagai pusat pengolah data yang diperoleh dari sensor suhu LM35DZ dan Infra Red sensor, yang akan mendeteksi keberadaan api atau tidak dan akan menampilkan hasil pada LCD 16x2, LED dan Buzzer. Hasil pengujian menunjukan bahwa sistem ini bekerja dengan baik sesuai dengan perancangan sistem yaitu sistem responsif terhadap perubahan suhu dan keberadaan api.  Jika  didalam  sistem  terdapat api maka buzzer akan berbunyi dan LCD akan  menampilkan informasi “Ada api”, Ketika suhu api berada dibawah atau sama dengan (T<=290 C) maka LED hijau menyala dan LCD akan menampilkan  informasi  suhu “Aman”,  jika  suhu  api berada pada rentang 290 < T <= 370C maka LED kuning akan  menyala  dan  LCD  akan  menampilkan  suhu “Normal”,  jika  suhu  api dalam sistem  T>= 370C maka LED merah akan menyala dan buzzer akan ON dan LCD akan menampilkan Informasi “Waspada Kebakaran”.  Jika tidak terdapat api pada sistem maka LCD akan menampilkan informasi bahwa “Tidak Ada Api”.

 

Kata Kunci :  Alarm Kebakaran,  Arduino Uno, Sensor Suhu LM35DZ,  Infra Red Sensor.

Abstract

                A fire alarm system has been design by using infra red sensor module which is sensitive to fire, temperature sensor of LM35DZ and controlled by Arduino Uno microcontroller which have ATMega328 as central processing unit. System ouput information using a 16x2 character LCD, LED lamp, and Buzzer. The system will compare both output of the infra red sensor and temperature sensor to decide whether a fire was made and trigger the alarm. Some set value of the sensors defined as a limit to make the decision. If fire exists, then buzzer will ring and the LCD will display “Ada Api”. If the temperature detected by the LM35DZ equal or below 29oC then green LED will lit on and LCD will display temperature information of “Aman”. If the temperature is between 29 oC to 37 oC then yellow LED will lit on and the LCD will display “Normal”. If the temperature is above 37 oC then red LED will lit on, buzzwr will ring and LCD will display “Waspada Kebakaran”. If no fire detected, then LCD will display “Tidak ada Api”.

Keyword : Fire Alarm, Infra Red Sensor, Temperature Sensor LM35DZ, Arduino Uno.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2016-04-12
How to Cite
Kali, M., Tarigan, J., & Louk, A. (2016). Sistem Alarm Kebakaran Menggunakan Sensor Infra Red Dan Sensor Suhu Berbasis Arduino Uno. Jurnal Fisika : Fisika Sains Dan Aplikasinya, 1(1), 25-31. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/FISA/article/view/523