Evaluasi Kinerja Ruas Jalan dan Penataan Area Parkir di Pasar Tradisional : (Studi Kasus Pasar Baru Atambua)

Performance Evaluation of Road Sections and Arrangement of Parking Areas in Traditional Markets : (Case Study of Atambua New Market)

  • Elena Sofia Junita Fernandes(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • John H. Frans(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Remigildus Cornelis(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pasar Tradisional, Evaluasi Kinerja Ruas Jalan, Karakteristik Parkir

Abstract

Pasar merupakan elemen sentral dalam kehidupan ekonomi masyarakat, namun seiring berkembangnya suatu kota dan peningkatan jumlah kendaraan telah menimbulkan tantangan signifikan, terutama di kawasan Pasar Baru Atambua. Peneliti ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja ruas jalan dan penataan area parkir di ruas jalan kawasan Pasar Baru. Data penelitian mencakup parameter derajat kejenuhan untuk kinerja lalu lintas dan karakteristik area parkir. Hasil evaluasi kinerja ruas jalan menunjukkan bahwa ketiga ruas jalan di Pasar Baru memiliki tingkat pelayanan yang baik. Ruas Jl. Vetor Lidak memiliki derajat kejenuhan sebesar 0.41, ruas Jl. Adam Malik sebesar 0.53, dan ruas Jl. Pramuka sebesar 0.49. Meskipun tingkat pelayanan baik, masalah parkir muncul dan mempengaruhi kinerja ruas jalan. Parkir on-street yang tidak teratur dan variasi pola parkir menyebabkan kemacetan pada jam tertentu. Data juga menunjukkan bahwa meskipun turnover parkir baik, indeks parkir yang melebihi 100% kapasitas maksimum dapat mengurangi tingkat pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 1998. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta.
Direktorat Jendral Bina Marga. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.
Hobbs, F.D. 1995. Traffic and Engineering, Second Edition. Terjemahan oleh Suprapto TM dan Waldjono.Penerbit Gajah Mada Press. Yogyakarta.
Indonesia. 2007. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007 Tentang Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern. Sekretariat Negara Republik Indonesia. Jakarta.
Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 96 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Sekretariat Negara Republik Indonesia. Jakarta.
Indonesia. Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sekretariat Negara Republik Indonesia. Jakarta.
Indonesia. P. R. 1993. Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. Sekretariat Negara. Jakarta.
Indonesia. 2006. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia PP No.34 Tentang Jalan. Unissula. Semarang.
Munawar Ahmad., 2009. Manajemen Lalu Lintas Perkotaan, Penerbit BETA OFFSET, Jogjakarta.
Tambunan, T. 2020. Pasar Tradisional dan Peran UMKM. PT Penerbit IPB Press.
Tamin, O. Z. 1997. Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung: ITB.

PlumX Metrics

Published
2024-06-05