Analisis Faktor dan Kinerja Ruas Jalan Akibat Aktivitas Rumah Sakit Siloam dan Pertokoan di Jalan R.W. Monginsidi, Kota Kupang

Factor Analysis and Road Segment Performance due to Siloam Hospital and Shopping Activities R.W. Monginsidi Street, Kupang City

  • Iriene Anggreani Ndoen(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • John Hendrik Frans(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Dolly Karels(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kinerja ruas jalan, Aktivitas Rumah Sakit, Pertokoan

Abstract

Rumah Sakit Siloam merupakan salah satu fasilitas kesehatan di Kota Kupang yang memiliki aktivitas yang cukup padat. Aktivitas tersebut meliputi, keluar masuknya kendaraan pengunjung dan pegawai rumah sakit, kendaraan yang berhenti dan parkir di pinggir jalan, serta aktivitas pejalan kaki. Selain itu juga terdapat aktivitas komersil yang menyebabkan lalu lintas di jalan R.W. Monginsidi menjadi terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan dan faktor-faktor yang memengaruhi akibat adanya aktivitas Rumah Sakit Siloam dan Pertokoan terhadap ruas jalan R.W. Monginsidi. Metode yang digunakan adalah analisis kinerja ruas jalan dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan tingkat pelayanan untuk titik 1 pada pukul 07.00-11.00 dan titik 2 pada pukul 07.00-13.00 rata-rata nilai tingkat pelayanan adalah B. Sedangkan, pada pukul 12.00-13.00 dan 15.00-18.00 untuk titik 1 serta pada pukul 15.00-18.00 untuk titik 2 rata-rata nilai tingkat pelayanan adalah C. Faktor-faktor yang berpengaruh akibat aktivitas rumah sakit dan pertokoan terhadap kinerja ruas jalan R.W. Monginsidi nilai R2 (R Square) sebesar 0,996 atau 99,6% yang atau variabel yang digunakan dalam model mampu menjelaskan 99,6% variasi variabel terikat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, A. 2016. Analisis Tingkat Kepatuhan Hukum Berlalu Lintas Bagi Pengemudi Angkutan Hukum Antar Kota Di Makassar. Jurnal Administrasi Publik, VI (2): 61-63.
Badan Pusat Statistik Kota Kupang. 2023. Kota Kupang Dalam Angka. Kupang.
Dewanto, B. 2003. Pengaruh hambatan samping terhadap kinerja jalan merdeka di depan terminal cimone. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Direktorat Bina Jalan Kota. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta; Direktorat Jendral Bina Marga Republik Indonesia.
Funan, G. 2014. Studi Kinerja Jalan akibat Hambatan Samping di Jalan Timor Raya depan Pasar Oesao Kabupaten Kupang. Jurnal Teknik Sipil. III (1):11.
Ghozali, I. 2002. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Software SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendarto, S. 2001. Perencanaan Geometrik Jalan, Institut Teknologi Bandung.
Kementerian Perhubungan. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 96 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Sekretariat Negara Republik Indonesia. Jakarta.
Primasworo, R. 2021. Pengaruh Hambatan Samping terhadap Kinerja Ruas Jl. MT. Haryono Malang. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri, Lingkungan dan Infrastruktur (SENTIKUIN). Malang, 14 Agustus 2021.
Widana, I. 2013. Analisis dampak aktivitas Rumah Sakit dan Sekolah terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus : Rumah Sakit Umum Bangli dan SMKN 1 Bangli di Jalan Brigjen Ngurah Rai Bangli). Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil. II (1):8.

PlumX Metrics

Published
2024-06-05