Analisis Pengaruh Kerusakan Jalan Terhadap Kecepatan Kendaraan (Studi Kasus Ruas Jalan Haulasi Kecamatan Miomaffo Barat Kabupaten TTU)

Analysis Of The Effect Of Road Damage On Vehicle Speed (Case Study Of Haulasi Road Section West Miomaffo District TTU Regency)

  • Maria Elisabeth Sombo(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • John H. Frans(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Tri M. W. Sir(3*)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kerusakan jalan terhadap
kecepatan kendaraan. Metode yang digunakan yaitu metode Pavement
Condition Index untuk mengukur tingkat kerusakan jalan, metode Time
Mean Speed untuk mengukur kecepatan kendaraan dan analisis
hubungannya dengan metode regresi linier sederhana menggunakan SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata perkerasan jalan pada 12 unit
sampel adalah 33.08, artinya perkerasan Jalan Haulasi dalam kondisi
kerusakan buruk (poor), dengan nilai rata-rata kecepatan kendaraan
bervariasi dimana kecepatan rata-rata sepeda motor 38.31 km/jam,
kendaraan ringan 25.85 km/jam dan kendaraan berat 22.89 km/jam.
Berdasarkan uji statistik regresi linier sederhana ditemukan adanya
pengaruh kerusakan jalan terhadap kecepatan kendaraan dimana pengaruh
kerusakan jalan terhadap kecepatan sepeda motor 93.91%, kendaraan ringan
91.70% dan kendaraan berat 95.70%.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2025-10-10
How to Cite
Sombo, M., Frans, J., & Sir, T. (2025). Analisis Pengaruh Kerusakan Jalan Terhadap Kecepatan Kendaraan (Studi Kasus Ruas Jalan Haulasi Kecamatan Miomaffo Barat Kabupaten TTU). JURNAL FORUM TEKNIK SIPIL (J-ForTekS), 5(2), 46-57. https://doi.org/10.35508/forteks.v5i2.24088

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.