Analisa Karakteristik Kecelakaan Lalulintas Berbasis Gender di Kota Kupang
Characteristics of Gender Based Traffic Accident in Kupang City
Abstract
Kota Kupang tercatat pada tahun 2017 memiliki 356 kejadian kecelakaan dan meningkat pada tahun 2018 sebanyak 448 kejadian kecelakaan lalu lintas (BPS Kota Kupang, 2018). Salah satu faktor yang berpeluang terhadap resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas di Kota Kupang adalah faktor manusia (human error) yaitu faktor perbedaan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuii karakteristik pengemudi dan karakteristik kecelakaan lalu lintas di Kota Kupang. Hasil analisis deskriptif diketahui bahwa Kecelakaan lalu lintas berbasis gender di kota Kupang memiliki karakteristik yang unik yakni terdapat kesamaan di mana pengemudi laki-laki dan pengemudi perempuan mayoritas mengalami kecelakan di waktu pagi (96%). Kemudian karakteristik kecelakaan yang lainnya berbeda yaitu pada pengemudi laki-laki mengalami cedera berat sebesar (96%), jenis kecelakaan tunggal dan ganda sama-sama berpotensi terjadi (96%), lokasi kejadian kecelakaan terbanyak terjadi di tempat umum (94%), jenis tabrakan/posisi kecelakaan yang terjadi adalah tabrakan samping-samping, tabrakan depan-samping, tabrakan depan-depan, tabrak pejalan kaki sebesar (94%), dan waktu kejadian kecelakaan lalu lintas adalah pada hari libur sebanyak (100%). Kecelakaan yang dialami oleh pengemudi perempuan mayoritas memiliki karakteristik sebagai berikut: cedera ringan sebesar (98%), jenis kecelakaan tunggal (92%), lokasi kejadian di tempat khusus (96%), kecelakaan terjadi di luar kendali (96%), waktu kejadian kecelakaan lalu lintas adalah pada hari libur dan hari kerja sebanyak (98%) dan waktu kejadian pada pagi hari sebesar (98%).
Downloads
References
Al-Saif. A, 2012. (Estimating the effect of traffic accidents in Arab Gulf Countries), Saudi Society for Traffic Safety, Dammam, Kingdom of Saudi Arabia.
ARAMCO (1996). Panorama, Special Traffic Issue, Saudi Aramco Loss Prevention Dept., Dhahran, Saudi Arabia.
Badan Pusat Statistik (BPS). 2019. Kota Kupang dalam Angka 2019. Kota Kupang: Badan Pusat Statistik Kota Kupang.
BlegurTh, Jean T. R. N. 2015. Analisis Karakteristik dan Biaya Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Kupang. Kota Kupang: Jurusan Teknik Sipil Universitas Nusa Cendana.
Boufous, S., Williamson, A., 2009. Factors affecting the severity of work related traffic crashes in drivers receiving a worker’s compensation claim. Accident Analysis and Prevention 41, 467–473.
Cerelli, E. (1996). Crash Data and Rates for Age-Sex Groups of Drivers, Report to the National Highway Traffic Safety Administration, U. S. Department of Transportation.
Dharma, Aztria. 2012. Indentifikasi Kecelakaan lalu lintas. Universitas Pasir Pengaraian.
Djoko, Setijawarno. 2003. Pengantar Rekayasa Dasar Transportasi. Kota Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Dorn, L. (1992), "Individual and Group Differences in Driving Behaviour (Neuroticism, Gender, Age)", Ph. D. Thesis, Aston University, U. K.
Fajar, Muhammad Syaeful. 2015. Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya Menggunakan Metode K-Means Clustering. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Fiana, Miralul. 2018. Analisa Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Dalam Perilaku Mengemudi Terhadap Kecelakaan di Kota Mataram Menggunaka SEM (Structural Equation Modeling). Mataram: Jurusan Teknik Sipil Universitas Mataram.
Hosmer, D.W. & Lemeshow (2000). Applied Logistic Regression, John Wiley and Sons. USA
Irhamah. 2012. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Keparahan Korban Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Surabaya dengan Pendekatan Baging Regresi Logistik Ordinal. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.
Lesley, J. C. and Rooney, F. (1996). "Psychological factors in road traffic accidents Statistical evidence and a study of the effects of viewing anti-speeding film", Irish Journal of Psychology, vol. 17, no. 1, pp 35-47.
Ministry of Interior, General Traffic Department, (Annual Statistical Report, 2013), Kingdom of Saudi rabia.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 44 Tahun 1993 Kendaraan dan Pengemudi. 17 September 1993. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1993 Nomor 44. Jakarta
Roni Factor, David Mahalel, Gad Yair, 2007. "The social accident: A theoretical model and research agenda for studying the influence of social and al characteristics on motor vehicle accidents". Accident Analysis and Prevention 39, 914-921.
Ryan, G. A., Legge, M. and Rosman, D. (1988), "Age-related changes in drivers' crash risk and crash type", in Accident Analysis and Prevention, vol. 30, no. 3, pp. 379-387.
Thompson, D. (1996), "Improving Teen Driving (Miracle in Crystal City)", The News and Observer, September 19, Raleigh, Carolina.
Yannis, G., Golias, J., apadimitriou, E. 2007, “Accident Risk of Foreign Drivers in Various Road Environments”, Journal of Safety Research 38. 471-480, Department of Transportation, Planning and Engineering, University of Athens, Athens, Greece, July 2007
Copyright (c) 2023 JURNAL FORUM TEKNIK SIPIL (J-ForTekS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ForTeks memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua artikel jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai dengan lincense creative comons yang digunakan
ForTeks : Jurnal Forum Komunikasi Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License