Analisis Faktor Pemilihan dan Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Angkutan Umum Kota Kupang pada Pandemi COVID19
Analysis of Selection Factors and Satisfaction Levels of Kupang City Public Transport Users in the Covid 19 Pandemic
Abstract
Angkutan umum tidak terlepas dari berbagai masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi pemilihan angkutan umum dan tingkat kepuasan terhadap kinerja angkutan umum di Kota Kupang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis mean, analisis faktor dan analisis Quality Function Deployment (QFD). Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi pemilihan angkutan umum di Kota Kupang berdasarkan hasil analisis mean didapat nilai mean tertinggi adalah 4,45 untuk faktor X17sedangkan nilai mean terendah adalah 3,34 untuk faktor X8. Hasil analisis faktor didapat presentase tertinggi untuk faktor kesehatan dengan nilai varimax rotation 38,932% sedangkan presentase terendah untuk faktor biaya dengan nilai varimax rotation 6,210%. Analisis untuk tingkat kepuasan dengan analisis Quality Function Deployment (QFD) didapat nilai untuk tingkat kepuasan lebih kecil daripada nilai target sehingga perlu dilakukan perbaikan terhadap kinerja pelayanan. Dimana langkah – langkah perbaikan yang menjadi prioritas paling pertama adalah penerapan protokol kesehatan Covid 19 dengan nilai absolut parameter teknik 106,907 sedangkan yang menjadi prioritas terakhir adalah tingkat keamanan dan kenyamanan penumpang dalam angkutan dengan nilai absolut 521,251.
Downloads
References
Bolla, Margareth E, Judi K Nasjono, and Marchninth A Pedelati. 2019. "Biaya Operasional Kendaraan Di Kota Kupang". Jurnal Teknik Sipil (2): 14.
BPS Kota Kupang.2020." Proyeksi Penduduk Menurut Kabupaten, Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur."https://kupangkota.bps.go.id/indicator/12/188/1/proyeksi-penduduk-menurut-kabupaten-kota-prov-ntt.html (June 20, 2022).
Frans, John H, Jusuf J S Pah, and Maria G A Ikun. 2017. "Perpindahan Moda Angkutan Umum Ke Angkutan Pribadi Di Kota Kupang". Jurnal Teknik Sipil (2): 14.
Kristianto, Andhik Wahyu. 2016. "Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Di Retail X, Surabaya Dengan Pendekatan Metode Service Quality Dan Quality Function Deployment". masters. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. https://repository.its.ac.id/48973/ (June 5, 2022).
Maharani, Putu Veyna. 2015. "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Di Kota Singaraja Memiliki Program Asuransi Unitlink". 5(1): 10.
Nur Indah Dwi Gustyarini, 4112316012. 2019. "Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Masyarakat Di Provinsi Jawa Tengah". other. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/37560/ (June 5, 2022).
Puspitasari, Nia Budi, Hery Suliantoro, and Verra Erlianna. 2011. "Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pemakaian Produk Layanan Seluler Dengan Mempertimbangkan Aspek 7p’s Of Marketing (Studi Kasus : Pt. Telkom Area Blora) ". (2): 10.
Semiun ,Oktovianus Edvict . 2018. ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Angkutan Kota Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Penumpang di Kota Kupang’. Rekayasa Sipil 12(1): 39–49.
Sirait, Jhon Ridtar. "Penerapan Metode Quality Function Deployment (Qfd) Dalam Analisis Tingkat Kenyamanan Perumahan Griya Asam Kumbang Pt Torganda". : 76.
Copyright (c) 2022 JURNAL FORUM TEKNIK SIPIL (J-ForTekS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ForTeks memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua artikel jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai dengan lincense creative comons yang digunakan
ForTeks : Jurnal Forum Komunikasi Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License