Pengembangan RAB dan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Jaringan Irigasi Berbasis Android

Development of Cost Estimation Aplication on Irigation Project Using Android

  • Maria Fransiska Besituba(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Partogi H. Simatupang(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • H.A Hidayat Rizal(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pengembangan, RAB, AHSP, Jaringan Irigasi, Android

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah aplikasi android untuk perhitungan RAB dan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Jaringan Irigasi Berbasis Android. Perhitungan RAB dan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Jaringan Irigasi berbasis android menggunakan Android Studio dengan Java sebagai bahasa pemograman. Dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall.  Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi perhitungan  RAB dan AHSP Jaringan Irigasi yang digunakan di platform android dan output berupa file PDF (AHSP, RAB dan Rekapitulasi). Aplikasi ini memuat   beberapa menu yaitu Splash Screen, Cover, Login, Register, Informasi Proyek, Analisa Harga Satuan Pekerjaan, Rencana Anggaran Biaya, Rekapitulasi dan Ouput. Aplikasi ini menggunakan Minimum SDK (API:5.0 (Lolipop)) sehingga hanya  dapat digunakan oleh user  yang memiliki Versi Android 5.0 keatas. Dan aplikasi digunakan secara online (membutuhkan internet).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Android Developers. (2019). Mengenal Android Studio. Retrieved from developer.android.com: https;//developer.android.com/studio/intro?hl=ID (accessed Mei, 2022).
Ardian, R , Pribadi, W.R.S dan Arif, S.M. 2017.”Perancangan Aplikasi Komputer Berbasis Android untuk Menunjang Pekerjaan Owner Surveyor dalam Mengawasi Pembangunan Kapal Baru Berbahan FRP.” Jurnal Teknik ITS, 6 (2).
Ibrahim, Bachtiar. 1993. Rencana dan Estimate Real of Cost. Jakarta: Bumi Aksara
Peraturan Bupati Nagekeo Nomor 63 Tahun 2020. Standar Satuan Harga (SSH) Pemerintahan Nagekeo. Tahun Anggaran 2021.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor 28 tahun 2016 Pedoman Analisa Harga Satuan Bidang Pekerjaan Sumber Daya Air.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor 1 tahun 2022. Pedoman Analisa Harga Satuan Bidang Pekerjaan Sumber Daya Air.
Rajela, A dan Apriansyah.2017.”Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Dengan Aplikasi Berbasis Android.” Jurnal Teknik, Vol.6 No.2
Sommervile, Ian. 2011. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga
Wilapa, D.A dan Tanone, R.2015. “Perancangan dan Impementasi Rencana Anggaran Biaya untuk Membangun Rumah Sederhana Tidak Bertingkat Berbasis Android.” Artikel Ilmiah, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

PlumX Metrics

Published
2023-05-31