Pengaruh Variasi Suhu pada Campuran HRS-Base Menggunakan Filler Tanah Putih Terhadap Pengujian Marshall.

The Effect of Temperature Variation on HRS-Base Mix Using White Soil Filler on The Marshall Test

  • Gloria Feronika Berutu(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Judi K. Nasjono(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • John H. Frans(3*)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: HRS-Base, Suhu, Filler, Tanah Putih, Marshall

Abstract

Hot Rolled Sheet- Base merupakan salah satu jenis dari lapis perkerasan lentur, jenis lapis perkerasan ini merupakan campuran merata antara agregat bergradasi senjang dengan aspal sebagai bahan pengikat. Dalam pelaksaannya aspal beton ini dibuat dalam keadaan panas, baik dalam tahap pencampuran maupun pemadatannya dilaksanakan pada temperatur tertentu. Aspal termasuk bahan thermoplastik di mana konsistensinya akan berubah apabila temperatur berubah, sehingga sifat campuran aspal akan berpengaruh terhadap hasil pengujian Marshall. Perkembangan penelitian tentang bahan konstruksi perkerasan jalan khususnya perkerasan lentur (flexible pavement) diarahkan pada usaha pemanfaatan material setempat dan disesuaikan dengan kondisi daerah di mana konstruksi pengerasan dilakukan.  Tanah putih yang digunakan sebagai bahan pengisi pada campuran aspal. Berdasarkan geologi, Kota Kupang sebagian  besar wilayahnya memiliki batuan gamping sehingga berpotensi sebagai sumber tanah putih.Tanah putih yang terdiri dari partikel-partikel halus dapat memenuhi persyaratan gradasi untuk sebagai filler. Maka dari itu maksud penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana variasi suhu campuran aspal HRS-Base yaitu: 110°C,120°C, 130°C, 140°C, 150°C dengan menggunakan tanah putih sebagai bahan pengisi. Penelitian ini adalah studi kasus dengan metode eksperimental. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa material tanah putih sebagai filler pada kadar aspal tertentu memenuhi spesifikasi berdasarkan hasil pengujian Marshall sehingga dapat digunakan sebagai material pada campuran aspal HRS-Base, di mana kadar aspal optimum yang diperoleh adalah 6,2%. Dengan kadar aspal optimum dibuat uji variasi suhu 110°C, 120°C, 130°C, 140°C, 150°C. Hasil menunjukan suhu yang memenuhi  spesifikasi  berdasarkan  hasil  pengujian  dan  analisis  Marshall pada campuran HRS-Base adalah suhu 120°C, 130°C dan 140°C.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri., Setiawan, A. & Pradani, N. 2012 . Pengaruh penggunaan kapur sebagai bahan pengisi (filler) terhadap karakteristik campuran beton aspal lapis aus (AC-WC). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Transportasi Vol2 No 2 Universitas Tadulako.
Anindityo, A. W., 2011. Analisa pengaruh variasi temperatur pada proses pemadatan campuran aspal beton. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.
Anonim, 2020. Spesifikasi umum 2018 untuk pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan (revisi 2). Jakarta.
Da Gomez. M. L dan Meutia Wita. 2021. Penggunaan Filler Abu Serbuk Kayu Kelapa Pada Aspal Beton AC-WC. Jurnal Artesis Vol 1No 2 Universitas Pancasila.
Das, Braja M. 1995. Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geotekniks)(jilid2). Jakarta: Penerbit Erlangga
Hunggurami, E., Simatupang, P. H. & Lori, A. L., 2015. Studi kelayakan penggunaan tanah putih sebagai pengganti agregat halus (pasir) terhadap kualitas beton. Jurnal teknik sipil Vol 4 No 1 Universitas Nusa Cendana.
Husni Darmawan, W. 2020. Pengaruh Kadar Filler Abu Batu Terhadap Karakteristik Marshall Pada Campuran Aspal Beton AC-BC. Skripsi. Mataram: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Mataram
Huwae Meggie., Kaseke H. Oscar., Sendow K. Theo., 2015. Kajian Kinerja Campuran Lapis Pondasi Jenis Lapis Tipis Aspal Beton-Lapis Pondasi (HRS-Base) Bergradasi Senjang dengan Jenis Lapis Aspal Beton- Lapis Pondasi (AC-Base) Bergradasi Halus. Jurnal Sipil Statik Vol 3 No 3 Universitas Sam Ratulangi.
Sukirman, S. 2003. Beton aspal campuran panas. Edisi pertama, cetakan pertama Jakarta: Granit Yayasan Obor Indonesia.
Tarigan Gunawan. 2018. Pengaruh temperatur pemadatan terhadap marshall properties. Jurnal Buletin utama teknik Vol 14 No 1 Universitas Islam Sumatera Utara.

PlumX Metrics

Published
2023-05-31