PEMBUATAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU SEKOLAH DASAR

MAKING AND ASSISTANCE OF THE USE OF PROS IN MATHEMATICS LEARNING FOR ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS

  • Maria A. Kleden(1*)
    Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Astri Atti(2)
    Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Maria Lobo(3)
    Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: alat peraga, matematika, pendidikan, pelatihan, pendampingan

Abstract

Mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang disukai anak. Namun masih banyak guru yang belum maksimal mencari upaya agar keadaan demikian dapat berkurang atau bahkan berubah. Tujuan kegiatan PKM ini yaitu membuat berbagai alat peraga sederhana yang dapat digunakan sebagai media belajar sehari-hari. Juga akan dilakukan pelatihan penggunaan alat peraga, serta pendampingan dalam proses belajar mengajar saat penggunaan alat peraga bagi para guru matematika SD. Melalui pelatihan dan pendampingan pengguanaan alat peraga dalam pembelajaran matematika, guru semakin memahami berbagai konsep pecahan, bangun datar dan bangun ruang serta menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Melalui pelatihan dan pendampingan ini, terungkap pula bahwa selama ini salah satu faktor penyebab kesulitan guru menerapkan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika adalah keterbatasan dalam hal memahami ketepatan alat peraga dan konsep matematika yang diajarkan. Pelatihan ini memberi dampak positif bagi para guru untuk semakin terampil dan kreatif membuat alat peraga dan menemukan cara-cara kreatif menjelaskan konsep-konsep matematika. Hal ini berdampak pada pembelajaran yang semakin variatif dan menarik yang pada akhirnya mempermudah siswa memahami konsep dasar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-12-15
How to Cite
Kleden, M., Atti, A., & Lobo, M. (2021). PEMBUATAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10-19. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/5916
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.