PENGGUNAAN POMPA HIDRAM 3 KATUP BUANG DENGAN TINGGI ALIRAN AIR (HEAD) 50 CM

USE OF HYDRAM PUMP 3 EXHAUST VALVE WITH HEAD WATER FLOW (HEAD) 50 CM

  • Jani F. Mandala(1*)
    Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Wellem F. Galla(2)
    Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Frans J. Likadja(3)
    Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: aliran air, pipa penghantar, katup, klep

Abstract

Pemanfaatan teknologi tepat guna sebagai penggerak utama tanpa sumber listrik atau bahan bakar karbon untuk menunjang usaha tani berskala kecil sangat menguntungkan. Salah satunya teknologi ini; penggunaan pompa Hidarm. Pompa hidram bekerja selama adanya aliran air yang kontinyu dari head yang rendah dengan standar kisaran 1 m, aliran air dimanfaatkan sebagai momentum atau water hammer. Hal ini telah diterapkan pada mitra usaha tani di kelurahan Fontein, dengan aliran air dari head hanya berkisar ±50 cm. Agar air yang masuk pada saluran inlet semakin besar maka pipa masuk diperbesar dengan kisaran 8 dim sepanjang 1,5 meter dan dikoneksikan dengan pipa 3 dim sepanjang 6m. Debit air yang dihasilkan mencapai 31,6 L/mnt. Dan pada pompa Hidram, katup buang digunakan 3 buah dengan ukuran 1,5 dim, sedangkan diameter katup delivery tabung berukuran ½ dim. Hasil pengukuran volume air dengan gelas ukur, pompa Hidram mampu mengkat air dengan ketinggian ±3,5m sebanyak 410ml selama 1,8 menit.  Kondisi air ini sudah dapat mengairi kebun mitra pemilik dengan total luas kebun sayur 3 hektar.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-12-15
How to Cite
Mandala, J., Galla, W., & Likadja, F. (2022). PENGGUNAAN POMPA HIDRAM 3 KATUP BUANG DENGAN TINGGI ALIRAN AIR (HEAD) 50 CM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 57-62. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/9280
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.