PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK TENAGA BAGI UKM HOPI WORO DI LILIBA KOTA KUPANG

INSTALLATION OF POWER ELECTRICITY FOR HOPI WORO UKM IN LILIBA, KUPANG CITY

  • I Made Parsa(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Louis Boesday(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Ichsan Fahmi(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Ni Luh Putu Ravi Cakswindryandani(4)
    Program Studi Agroteknologi, Faperta, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Penyuluhan, Pemasangan, dan, Instalasi Listrik

Abstract

Energi listrik saat ini sangat dibutuhkan dan menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Salah satu konsumen/pengguna energi listrik adalah generasi muda dan para pekerja. Generasi muda dan para pekerja dalam hal ini orang-orang muda merupakan generasi penerus serta manusia produktif, harus diberikan pemahaman akan tugas dan tanggungjawab terhadap dirinya sendiri maupun terhadap masyarakat umumnya. Kompleksitas persoalan kehidupan berbangsa dan berneggara saat ini khusus dalam bidang ekonomi menuntut orang-orang muda untuk harus selalu peka terhadap persoalan ini. Dalam menuju kehidupan berumah tangga orang muda dan sebagai manusia yang produktif perlu dipersiapkan dengan baik khususnya pengembangan ekonomi. Salah satu kebutuhan dalam berumah tangga dan menghasilkan kinerja produktif adalah kebutuhan akan energi listrik. Salah satu contohnya jika generasi muda/para pekerja tersebut memiliki ketrampilan dalam instalasi listrik tenaga dan rumah tinggal dan memiliki pengetahuan yang memadai tentang listrik, maka orang muda/pekerja tersebut bisa melakukan sendiri instalasi listrik. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permaslahan UKM mitra tersebut adalah memberikan penyuluhan tentang arti pentingnya energi listrik serta bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan oleh listrik.  Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan ini adalah menggunakan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu peserta kegiatan dalam hal ini UKM Hopi Woro memahami tentang arti pentingnya energi listrik, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh listrik serta cara menanggulanginya, bisa melakukan instalasi listrik tenaga UKM Hupi Woro.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-12-15
How to Cite
Parsa, I., Boesday, L., Fahmi, I., & Cakswindryandani, N. (2022). PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK TENAGA BAGI UKM HOPI WORO DI LILIBA KOTA KUPANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 31-37. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/9224
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.