PENINGKATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS GURU-GURU SD SARASWATI DENGAN ANALISIS BERBASIS STATISTIK DESKRIPTI

IMPROVEMENT OF CLASS ACTION RESEARCH SARASWATI SD TEACHERS WITH DESCRIPTION STATISTICS BASED ANALYSIS

  • Taty R. Koroh(1*)
    Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • I Made Parsa(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Zet Yulius Baitanu(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Louis Boesday(4)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Crispinus P. Tamal(5)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: PTK, Insert Function, Statistik Deskriftip

Abstract

Untuk  membantu dan memotivasi para guru yang terhimpun dalam PGSD dan UMUM SD Saraswati Kota Kupang terutama mengatasi masalah penelitian untuk bisa membuat satu karya ilmiah yang sekaligus dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar di SD dimaksud, maka  diciptakan Analisis Data PTK   melalui program insert fuction berbasis Statistik Deskriptip. Program analisis data PTK ini  dengan menggunakan Komputer melalui input data hasil penelitian, mengolahnya sesuai peruntukannya apakah mencari reratanya, meannya, modusnya dan grafiknya. Data yang telah dimasukkan akan dapat langsung terlihat hasilnya setelah di eksekusi dengan program analisis data PTK, bisa berupa angka-angka yang nantinya oleh peneliti dapat dinarasikan,  yang dapat ditarik gambaran dari kegiatan PTK. Adapun konkret mengatasi permasalahan mitra PGSD dan UMUM SD  Program  Kemitraan Masyarakat ini dilakukan dalam bentuk  bantuan: pendidikan, pelayanan, pelatihan dan evaluasi  penggunaan alat Komputer kepada PGSD dan UMUM  SD  Saraswati di Kota Kupang NTT mitra dengan mengadakan kegiatan: (1). Pelatihan pemrograman, dengan berbagai model analisis data penelitian yang ada, apakah rerata, mean, modus, prosentase, grafik  melalui proses  kerja Komputer dengan program berbasis Statistik Deskriptip, sehingga  mendapatkan akurasi analisis data penelitian dengan lebih kompleks dari persaratan statistik yang ada. (2). Memberikan pelayanan dan contoh cara-cara  pengoperasian Komputer dengan programmernya untuk analisis data PTK memerlukan refleksi berulang, yang baik dan  benar  serta  cara pemelihara  komputer  dengan  suku cadang programmer dan alat penunjang komputernya.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-06-15
How to Cite
Koroh, T., Parsa, I., Baitanu, Z., Boesday, L., & Tamal, C. (2023). PENINGKATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS GURU-GURU SD SARASWATI DENGAN ANALISIS BERBASIS STATISTIK DESKRIPTI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-6. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/11549
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.