Calistung Ability Children Aged 5-6 Years Through Picture Card Media
Abstract
Kemampuan calistung merupakan bagian dari perkembangan kognitif dan bahasa untuk anak usia dini. Upaya yang dilakukan untuk melatih kemampuan calistung anak dapat menggunakan berbagai media salah satunya media kartu bergambar. Media kartu bergambar tersebut anak dikenalkan bentuk huruf, bunyi huruf, suku kata, angka, dan juga dapat digunakan untuk melatih kemampuan menulis bagi anak dengan cara meniru bentuk huruf dan tulisan yang terdapat dalam media kartu bergambar. Sehingga peneliti ingin melihat perkembangan kemampuan calistung anak melalui penggunaan media kartu bergambar dalam pembelajaran di RA Raudah Hampalit Katingan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media kartu bergambar pada RA Raudah Hampalit Katingan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan subjek penelitian sebanyak 31 orang anak usia 5-6 tahun, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca, menulis, dan berhitung anak usia 5-6 tahun di RA Raudah Hampalit dengan menggunakan media kartu bergambar menunjukkan hasil berkembang sesuai harapan (BSH), baik itu pada kemampuan membaca, menulis maupun berhitung. Indikator-indikator pada setiap variabel kemampuan membaca, menulis dan berhitung menunjukkan rata-rata anak berada pada kategori berkembang sesuai harapan, kemudian disusul kategori berkembang sangat baik (BSB) dan masih berkembang (MB). Penggunaan media kartu bergambar dinilai mampu menstimulasi perkembangan membaca, menulis, dan berhitung anak dengan tampilan visualisasi yang menarik. Sebagai media pembelajaran, kartu bergambar dapat membantu anak memiliki kemampuan yang berkembang sesuai harapan dalam hal calistung yaitu kemampuan dalam membaca, kemampuan menulis dan kemampuan berhitung anak.
Downloads
References
Agustin, I. A. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung Anak Usia Dini Melalui Permainan Papan Logiko pada Anak Kelompok B Tk Firdaus Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara Semester 2 Tahun Ajaran 2014-2015. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Aris, I. E., & Kartikasari, C. 2020. Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN Unyur. Pelita Calistung, 1(02), 1-5
Arsyadana, G. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode Fisher Yates Shuffle. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Stikubank
Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. 2021. Penggunaan Media
Flashcarduntuk Mengenalkan Matematika Permulaan pada Anak Usia
Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008-2016
Darman, R. A. 2017. Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Edik Informatika, 3(2), 73-87
Delima, R., Arianti, N. K., & Pramudyawardani, B. 2015. Identifikasi kebutuhan pengguna untuk aplikasi permainan edukasi bagi anak usia 4 sampai 6 tahun. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 1(1).
Febiola, K. A. 2020. Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 238-248
Febrizalti, T., & Saridewi, S. 2020. Stimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Metode Jarimatika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1840-1848
Hardianto, D. 2005. Media Pendidikan sebagai Sarana Pembelajaran yang Efektif. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1(1), 95-104
Hasanah, U., & Deiniatur, M. 2019. Membangun Budaya Membaca pada Anak Usia Dini di Era Digital. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 3(01), 10-24
Istiyani, D. 2014. Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) pada Anak Usia Dini di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian, 10(1)
Papa, D. 2016. Adaptasi Sosial Siswa Pindah Sekolah (Studi Kasus di SMA PGRI Sungguminasa). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 42-47.
Pentury, H. J. 2018. Pengembangan Literasi Guru PAUD Melalui Bahan Ajar Membaca, Menulis dan Berhitung di Kecamatan Limo dan Cinere. Dikemas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1)
Rekysika, N. S., & Haryanto, H. 2019. Media Pembelajaran Ular Tangga Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 56-61
Rohmadheny, P. S., & Saputra, W. N. E. 2017. Pentingnya Sinergi Antara Tenaga Konselor, Pendidik, dan Orangtua di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Care (Children Advisory Research and Education), 3(1)
Safitri, S. R., Fauziyah, N., & Nugroho, A. S. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi melalui Media Kartu Kata Bergambar pada Siswa Kelas Sekolah Dasar. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(2), 85-93.
Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. Y. 2020. Memberikan Pemahaman Tentang Membaca Menulis Berhitung (Calistung) kepada Orang Tua untuk Anak Usia Dini. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 83-89
Sujinah, S. 2013. Pembelajaran Tematik Terintegrasi dengan Konten IPAdan IPSserta Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Calistung di SD. In Prosiding Seminar Nasional dan Call For Papers: Indonesia Mendidik: Kurikulum sebagai Integrator Pengetahuan, Sistem Nilai dan Ketrampilan (Pp. 209-226). Yuma Perkasa Group
Ulfa, N. M. 2020. Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 3442Yulisar, N. A., Hibana, H., & Zubaedah, S. 2020. Pembelajaran Calistung: Peningkatkan Perkembangan Kognitif pada Kelompok B di TK Angkasa Tasikmalaya. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(1), 17-30
Yunita, N., Kurnia, R., & Chairilsyah, D. 2020. Pengaruh Media Typewritter Alphabet terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 45-52