Parents' Experience Caring for Children with Special NeedsDown Syndrome: Phenomenology Qualitative Research Study

  • Niwayan Sindi Herlina(1*)
    universitas lampung
  • Ulwan Syafrudin(2)
    FKIP PGPAUD UNDANA
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pengalaman Orang Tua, Anak Berkebutuhan khusus, Down Syndrome

Abstract

Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengalaman orang tua dalam merawat seorang anak yang memiliki kebutuhan khusus. Metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif Fenomenologi. Subjek penelitian yang digunakan adalah orang tua anak yang memiliki kebutuhan khusus. Hasil daripada penelitian ini bahwasanya orang tua memilik beberapa pengalaman dalam merawat seorang anak yang memiliki kebutuhan khusus, yaitu seperti orang tua yang telah ikhlas dan cukup sabar dalam menerima dan merawat anak berkebutuhan khusus. Akan tetapi ada juga orang tua yang merasa dirinya sulit dan bahkan mengajukan penolakan untuk bertemu anaknya yang menyandang kebutuhan khusus. Peran orang tua dalam mengasuh anak yang menjadi tanggung jawab terpenting bagi perkembangan sikap dan mental anak dengan cara merawat dan membimbing anak dengan baik dan penuh perhatian. Pola asuh orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus sangat penting. orang tua harus melakukan kegiatan pengasuhan secara Full Time (setiap waktu) karena anak berkebutuhan khusus mempunyai masalah yang kompleks secara umum

Downloads

Download data is not yet available.

References

Archi, Adisty, Ajeng Sri, Al Waridlatul, Arum Fatmawati, and Aulia Amalia. 2021. “Pengalaman Orang Tua Dalam Merawat Anak Berkebutuhan Khusus : Literature Review.” Profesional Health Jurnal 3 (1): 19–26.

Haryanto, Ero, Desty Yuliyanti, and Rina Kartikasari. 2020. “Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Cinta Asih Soreang Kabupaten Bandung.” Jurnal Kesehatan Aeromedika VI (2): 11–21.

Hermawati, Nisa. 2018. “Resiliensi Orang Tua Sunda Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya 1 (1): 67–74.

Khasanah, Nurul, Fakultas Psikologi, Universitas Esa, Tol Tomang, and Kebun Jeruk. 2018. “PERAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI PADA.” Forum Ilmiah 15 (2): 260–66.

Khodijah, Rizkah, Qonitatul Wahidah, Dina Sopariah, Lathipah Hasanah, and Down Syndrom. 2022. “PENGALAMAN ORANGTUA DALAM MERAWAT ANAK DOWN SYNDROM : LITERATUR REVIEW.” Jurnal Pelita Paud 6 (2): 278–86.

Normasari, Erlita, Meita Fitrianawati, Hidayati Rofiah, and Universitas Ahmad Dahlan. 2021. “Akseptabilitas Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Kota Yogyakarta ( Studi Kasus Pada Lembaga Federasi Komunikasi Keluarga Penyandang Disabilitas ) Abstrak.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 2 (2): 133–39.

Syaputri, Echa, and Rodia Afriza. 2022. “Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus ( Autisme ).” Jurnal Pendidikan 1 (2): 559–64.

PlumX Metrics

Published
2023-06-30
How to Cite
Herlina, N., & Syafrudin, U. (2023). Parents’ Experience Caring for Children with Special NeedsDown Syndrome: Phenomenology Qualitative Research Study. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 4(1), 25-29. https://doi.org/10.35508/eceds.v4i1.11571
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.