Implementation of Task Assignment Method in Stamping Activity Using Frangipani Stem Media to Enhance Creativity in Children of Group B At Kampung Baru Public Kindergarten
Abstract
Penelitian ini mengangkat permasalahan kemampuan kreativitas anak kelompok B TK Negeri Kampung Baru semester II tahun pelajaran 2021/2022 dalam kegiatan menstempel gambar dengan menggunakan media pangkal bunga kamboja melalui metode Pemberian Tugas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak dengan menggunakan media pangkal bunga kamboja. Hasil awal yang diperoleh dari 3 (20%) anak yang memperoleh penilaian bintang 3 (***) yang artinya anak berkembang sesuai harapan, dan ada 4 (27%) anak memperoleh penilaian bintang 2 (**) yang artinya anak mulai berkembang, dan ada 8 (53%) anak memperoleh bintang 1 (*) yang artinya anak belum berkembang., pada siklus I diperoleh hasil 7 (46,7%) anak berkembang sesuai harapan, dan 6 (40%) anak mulai berkembang, dan yang lainnya 2 anak (13,3%) belum berkembang. Dari data ini dapat dikatakan bahwa pada siklus I belum mencapai kriteria keberhasilan, karena dikatakan berhasil apabila mencapai 80%. Pada siklus II menjadi 12 anak (80%) sudah berkembang sesuai harapan dan ada 3 anak (20%) mulai berkembang dan ada 0 anak (0%) belum berkembang. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kegiatan menstempel gambar dengan media pangkal bunga kamboja melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Agung. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha Singaraja Ganesha, dkk. 2011.
Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.
Depdiknas. 2010. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.
Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti
Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007.
Jakarta: Depdiknas.