Implementation of Task Assignment Method in Stamping Activity Using Frangipani Stem Media to Enhance Creativity in Children of Group B At Kampung Baru Public Kindergarten

  • Ria Anggun Trisyani(1*)
    Mahasiswa PPG Daljab Angkatan 1 Tahun 2023
  • Marcelina Ga(2)
  • (*) Corresponding Author
Keywords: assignment method, frangipani flower base media, stamp image, development of children's creativity

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan kemampuan kreativitas anak kelompok B TK Negeri Kampung Baru semester II tahun pelajaran 2021/2022 dalam kegiatan menstempel gambar dengan menggunakan media pangkal bunga kamboja melalui metode Pemberian Tugas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak dengan menggunakan media pangkal bunga kamboja. Hasil awal yang diperoleh dari 3 (20%) anak yang memperoleh penilaian bintang 3 (***) yang artinya anak berkembang sesuai harapan, dan ada 4 (27%) anak memperoleh penilaian bintang 2 (**) yang artinya anak mulai berkembang, dan ada 8 (53%) anak memperoleh bintang 1 (*) yang artinya anak belum berkembang., pada siklus I diperoleh hasil 7 (46,7%) anak berkembang sesuai harapan, dan 6 (40%) anak mulai berkembang, dan yang lainnya 2 anak (13,3%) belum berkembang. Dari data ini dapat dikatakan bahwa pada siklus I belum mencapai kriteria keberhasilan, karena dikatakan berhasil apabila mencapai 80%. Pada siklus II menjadi 12 anak (80%) sudah berkembang sesuai harapan dan ada 3 anak (20%) mulai berkembang dan ada 0 anak (0%) belum berkembang. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kegiatan menstempel gambar dengan media pangkal bunga kamboja melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Agung. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha Singaraja Ganesha, dkk. 2011.

Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Depdiknas. 2010. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti

Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007.

Jakarta: Depdiknas.

PlumX Metrics

Published
2022-06-30
How to Cite
Trisyani, R., & Ga, M. (2022). Implementation of Task Assignment Method in Stamping Activity Using Frangipani Stem Media to Enhance Creativity in Children of Group B At Kampung Baru Public Kindergarten. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 3(1), 45-48. https://doi.org/10.35508/eceds.v3i1.12364
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.