Improving The Ability to Introduce Numbers Through Playing Assembling Plastic Cup Towers in Group A TK Negeri Pembina Dewi Kayangan

  • zulhayati zulhayati(1*)
    guru TK
  • Yustina Luet(2)
    PGPAUD
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Cognitive, Plastic Cup Stacking Play, Early Childhood

Abstract

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan bermain menyusun menara gelas plastik dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Dewi Kayangan berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observer yang dilakukan oleh ibu Yustina Luet dan dokumentasi yang dilakukan oleh Nurmala Sari yang berupa video kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal angka sebesar 80%. Berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I  disimpulkan bahwa melalui bermain menyusun menara gelas plastik dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak.

Kata Kunci : Kognitif, Bermain Menyusun Menara Gelas Plastik, Anak usia dini.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktitk, Edisi Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta `¬

Beaty, Jarice J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembanga Profe Guru. Jakarta: PT Rajawali pers.

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Permendikbud RI. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Mendikbud.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2017. Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Melalui Game Outbound Tower Building Cup Pada Anak Kelompok A Di Tk X Semarang. Skripsi: Universitas IVET/Qomarul Huda Gunungpati Semarang.

Wilopo, S. J. (2012). 140 Games Bebasis Kompetensi. Semarang: Semarang Traning Center.

Violiza Vila Delima, dkk. `¬(2020) Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar

Melalui Game Outbound Tower Building Cup Pada Anak Kelompok A Di Tk X Semarang. Skripsi: Universitas IVET/Qomarul Huda Gunungpati Semarang.

Merlina Dewi Setiyowati, S. Pd.2022. Pembelajaran Menyusun Gelas Menjadi Bentuk Menara Di TK Islam Terpadu Al Uswah Jatirogo., Desa Sadang, Kec. Jatirogo, Kab Tuban – Jatim

https://www.radarjateng.com/2022/10/24/pembelajaran-menyusun-gelas-menjadi-bentuk-menara-di-tk-islam-terpadu-al-uswah-jatirogo/

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/14419

https://ejournal.upi.edu/index.php/RECEP/article/view/28739

PlumX Metrics

Published
2022-06-30
How to Cite
zulhayati, zulhayati, & Luet, Y. (2022). Improving The Ability to Introduce Numbers Through Playing Assembling Plastic Cup Towers in Group A TK Negeri Pembina Dewi Kayangan. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 3(1), 53-59. https://doi.org/10.35508/eceds.v3i1.12402
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.